Facebook Haram :-)

Written by bocahiseng on Monday, May 25, 2009

Beberapa hari ini kabar Facebook haram menjadi isu hangat, sudah banyak para teman-teman blogger yang nulis pendapatnya tentang facebook haram ini dan tentu saja isinya mengenai mengapa facebook harus di haramkan ? bukankah manfaat negatif atau positif facebook itu tergantung dengan Pengguna Facebook itu sendiri tersebut.

facebook haram
halaman muka situs muka facebook.com

Gimana menurut loee.. sebenarnya sih saya itu gak peduli mau facebook haram mau facebook ditutup atau facebook di rebus di goreng atau dicampur dengan bumbu lain? duhh sombongnya... bukannya sombong karana saya memang jarang buka facebook malah hampir gak pernahh...walau pernah sekali kali dehh pokoknya jarang dehh...duhh gaptek dan ketinggalan ngetrend nihh bocahiseng kan.banyak artis-artis cantik ngumpul disana...? xixix bisa dikatakan gitu ?

Masalah Ngetrend dan gaptek mungkin benar juga tetapi sebenarnya lebih males aja karana masalah pribadi sih kalau buka facebook itu kadang lama bangeettt jadi males kan bikin melamun walau saya tau ngelamun itu baik ...xixi ketauan deh kalau koneksi internetan lemooot...coba aja kalau ada koneksi kenceng cepet murah gak sering putus pasti dehh enak buat downlod film miyabi terbaru hus..hus malah internetan nanti dibikin haram lhoo...:)

Oke balik ke facebook haram saya gak mau nulis manfaat atau negatif dari facebook karana saya sendiri gak tau gaptek lagi yahh emang saya jarang main facebook? Tapi penasaran juga dari mana sih Awal berhembus situs Jejaring sosial ini bisa Dikatakan Haram ? mari kita telusuri ....

Facebook haram ini tercetus dan terdengar berawal dari Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) selain facebook ada juga yang lain liat artikelnya dulu dehh.....

Facebook-an Berlebihan Diharamkan Ponpes se Jawa-Madura

Boomingnya layanan situs jejaring sosial, seperti Facebook, Friendster maupun chatting untuk menjalin hubungan pertemanan diam-diam diawasi oleh ulama.

Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) bahkan mengharamkan pemanfaatan situs jejaring sosial ini secara berlebihan, seperti mencari jodoh maupun pacaran.

Pernyataan ini sesuai dengan hasil pembahasan dalam forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtdien Lirboyo, Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, yang dilaksanakan sejak 2 hari yang lalu.

"Ini merupakan hasil pembahasan terakhir yang kami lakukan semalam. Intinya, larangan ini kami keluarkan sesuai dengan aturan yang sudah ada dalam ketentuan agama," kata salah satu anggota perumus Komisi C FMP3, Masruhan saat ditemui detiksurabaya.com di Pondok Pesantren Lirboyo, Jumat (22/5/209).

Dijelaskan oleh Masruhan, larangan tersebut ditekankan pada adanya hubungan pertemanan spesial yang berlebihan. Apabila hubungan pertemanan spesial tersebut dilakukan untuk mengenal karakter seseorang dalam kerangka keinginan menikahinya dengan keyakinan keinginannya akan mendapatkan restu dari orang tua, hal tersebut tetap diperbolehkan.

"Disini yang dilarang apabila penggunan Facebook hanya untuk mencari jodoh dan mengenal karakternya dan tidak dalam proses khitbah (pinangan atau lamaran)," jelas Masruhan.

Dalam penentuan pernyataan tersebut, FMP3 menggunakan sejumlah dasar. Antara lain Kitab Bariqah Mahmudiyah halaman 7, Kitab Ihya' Ulumudin halaman 99, Kitab Al-Fatawi Al-Fiqhiyyah Al-Kubra halaman 203, serta sejumlah kitab dan tausyiyah dari ulamak besar.

"Intinya yang kami hasilkan ini sesuai dengan ketentuan dalam agama, yang secara tegas sudah menyebutkan hubungan pertemanan spesial tanpa ada maksud keseriusan diharamkan," ungkap Masruhan.

Dijadikannya penggunaan layanan jejaring sosial sebagai pembahasan dalam forum Bahtsul Masail, dijelaskan oleh Masruhan dikarenakan penggunaannya sudah dianggap sangat mengkhawatirkan. Pertemanan dalam Facebook oleh masyarakat, sejauh ini dianggap lebih sering dilakukan dengan sifat tidak serius.

Secara terpisah juru bicara forum Bahtsul Masail FMP3, Nabil Haroen menegaskan, dalam pengambilan keputusan tersebut pihaknya menggunakan dasar yang berbeda dengan dasar yang digunakan oleh forum lain.

"Seperti MUI kalau memiliki dasar lain dengan keputusan yang berbeda kami tidak dapat menyalahkan. Kami hanya menjalankan kewajiban seorang muslim untuk saling mengingatkan, dengan tidak ada maksud menekan," kata Nabil.

Ditegaskan oleh Nabil, hukum haram yang dikeluarkan pihaknya hanya untuk penggunaan Facebook untuk hubungan pertemanan spesial yang berlebihan. Layanan jejaring sosial semacam Friendster dan Facebook tetap dinyatakan halal apabila dipergunakan sesuai dengan manfaat dan kegunaannya.

"Kami juga harapkan, pernyataan ini bisa dijadikan pelajaran bagi owner Facebook atau Friendster, agar mereka lebih selektif serta menggunakan kontrol ketat terhadap penggunaannya," pungkas Nabil.[sumber]

Kenapa para Ulama memutuskan Facebook haram ? bisa dilihat dari artikel diatas mungkin kita bisa memandangnya lebih positif dan arif kenapa kenapa mereka memutuskan tersebut walaupun memang terkesan aneh dan mengada-ada..menurut saya.. jadi intinya..

Facebook haram atau Facebook halal itu ada di tanganmu wahai pengguna facebook :)


Related Posts by Categories



  1. 19 comments: Responses to “ Facebook Haram :-) ”

  2. By Anonymous on May 26, 2009 at 9:18 AM

    hah tai banget!!! lama2 bernafas juga di haramkan ya semuanya aja haram..

  3. By Anonymous on May 26, 2009 at 12:18 PM

    hahahaha.. ngakak gw..!
    bilang sama sape namenye tuh, Masukan, eh Masruhan, munapik beud.. ga usah lo nyampur aduk ajaran agama sm hubungan silaturahmi dngan kawan" lama.. lulusan mane c tu orang?? slama gw ngenal facebook, sampe saat ini kaga ada tuh temen" gw yg punya bini 2.. ato jelek"in agama.. b'arti kendaraan jg bs bikin haram donk? kalo dipake buat ngangkut perek? dasar ente munapik..hahaha

  4. By Renz on May 26, 2009 at 12:55 PM

    Terserah aja mau haram atau halal...
    Yang penting dari kamunya aja...
    Karena di internet semuanya bisa terjadi...

  5. By cyberfrogz on May 26, 2009 at 1:04 PM

    Memang benar ga bs di ambil seluruhnya FB itu harama tp tergantung masing2 user mau di pakai ap dl..

  6. By Anonymous on May 26, 2009 at 2:02 PM

    MENGAPA facebook haram yahh karana tergantung pemakai facebook sendiri itu yahh intinya

  7. By khafi on May 26, 2009 at 2:10 PM

    wah.. jadi menurut saya itu tergantung dari masing2... :D


    apakah menggunakan facebook dengan bijak atau tidak...

  8. By Anonymous on May 26, 2009 at 2:17 PM

    ahuahuahua... ngakak gue...
    apanya yg diharamkan?? cuman orang2 bego aja yg bisa bilang fesbuk itu haram :))

    nah kyk gene nie makanya indonesia susah banget buat maju =)) ROFL....

  9. By e-antz on May 26, 2009 at 2:24 PM

    belum ada internet ya disana?!?
    gak pernah facebookan..

  10. By Anonymous on May 26, 2009 at 8:34 PM

    Hahahhaha, emang tu orang2 TOLOL...
    Hahaha, mereka pasti mikirnya selalu yg negatif2, duh jauhin dah otak kotor..

    Makanya ulama gaul donk.... Jangan asal ngomong, liat dulu gmn sisi positifnya...

  11. By Agen Pulsa Termurah Se-Indonesia on May 27, 2009 at 9:00 AM

    mau haram atau halal itu tergantung dari kita, klo dibuat haram... juga bisa atau dibuat yang Halal juga bisa, ya yang penting digunakan secara wajar aja kalie...

  12. By adnovit_vinoda.com on May 27, 2009 at 11:42 AM

    FACEBOOK GK HARAM TINGGAL PENGGUNA NYA YG YG BISA MENERIMAS DARI SEGI POSITI DAN NEGATIF JDI FACBOK ITU BAGUS BISA MENAMBAH WAWASAN SECARA LNGSUNG KARENA ITU SIAPA YG BILANG FB ITU HARAM BERARTI ORANG GK BISA DAFTAR KE FB KASIAN DELO.....???

  13. By Anonymous on May 28, 2009 at 12:00 PM

    walah harus segera di hapus tuh face book

    huaanananannanannanannana

  14. By Anonymous on May 28, 2009 at 12:29 PM

    eh gw gak setujuuu !!!
    bukannya hari ini gw mau bebas2 internetan ampe mampus mau main dan chatting sama temen2 gw .
    karena gw baruu ja selese ujian . eh pas gw buka ,,, udah di blokir !
    em mnurut gw tergantubg penggunannya ..
    kan gw cuma chat ma tmen2 ...
    ato maen petso...
    kea gitu haram y????
    kan gw kagak buka2 miyabi ato yang negatif2 gitu,,,
    kurang bijak keputusannya . lagi pula kan banyak yg buat berhubungan dg keluarganya yg jauh . kaya gw . buat berhubungan sama bokap gw .

  15. By kiki on May 28, 2009 at 2:38 PM

    Woiiii
    Yg bilang FB haram itu org sirik.
    karna mreka kaga ngarti teknilogi dan kaga ngarti main FB sperti apa, (GAPTEK).
    Monyet yang bilang

  16. By argun on May 30, 2009 at 11:37 PM

    dalam hal ini bukan lagi masalah facebook atau penyalahgunaannya, akan tetapi justru masalah kualitas sebuah fatwa yg terasa semakin rendah nilainya di mata masyarakat hanya karena begitu cerobohnya sebuah komunitas muslim/ulama dalam berfatwa :-)

  17. By rida on June 1, 2009 at 3:12 PM

    haram ,
    knpa gx sklian emak lo aja yg lo haramin..!!!!
    hahahahaha

    kurang sneng cari gw....
    taik lo...

  18. By Anonymous on June 2, 2009 at 8:47 PM

    comment dgn kata2 kotor,,itu kali yang haram....

    klo gw netral aja...

    intinya tergantung yang make...

    dia make FB untuk tujuan yang dihalalkan dalam agama ato untuk tujuan yang diharamkan ama agama

    terserah anda saudara2ku...

    anda pasti tau mana yang halal dan mana yang haram...

    tidak usah saling menggurui dan mencaci..

    semua kembali pada hati nurani dan niat kita masing2

    so,,bagi yang g suka FB mohon jgn dg gampang memberikan hukum seenaknya dgn mengatasnamakan agama dan kitab2 mulia

    n bagi yg suka ber FB mohon tdk menggunakannya untuk melakukan hal2 yang dilarang oleh agama

    salam,

    cah bodho

  19. By Anonymous on June 8, 2009 at 6:22 PM

    Halal or haram..memang sudah jamannya kemajuan teknologi bikin manusia bisa saling berhubungan dengan mudah..hmm..mungkin udh saatnya cari bumi yang baru kali..yang masih fresh belum terjangkau teknologi..yang masih kemana-mana jalan kaki sambil bawa-bawa pentungan..hehehehe..
    Salam damai....

  20. By Anonymous on October 27, 2010 at 1:34 PM

    nggih mpun..

Post a Comment