Tragedi Situ Gintung dan Air

Written by bocahiseng on Sunday, March 29, 2009

Tragedi Situ Gintung dan Air? yah pertama-tama mau mengucapkan belasungkawa dan turut prihatin dengan kejadian Tragedi Situ Gintung semoga para korban yang meninggal dunia diterima disisi-NYA, yang dirawat segera disembuhkan dan keluarga korban yang ditinggalkan diberi ketabahan dalam menghadapi musibah yang menyedihkan ini. Amin ?

Tragedi Situ Gintung yang terjadi pada jumat 27 maret 2009 Jum’at dini hari, sungguh menambah daftar bencana di indonesia yang sungguh tak terduga dan memprihatinkan ?

berikut Kronologi Jebolnya Tanggul Situ Gintung

Berikut kronologis peristiwa jebolnya tanggul Situ Gintung yang dihimpun okezone, menurut keterangan warga Kampung Situ, Ibu Erna, Ibu Lina, dan Pak Mulyadi.

Kamis 26 Maret Pukul 16.00 WIB, hujan deras disertai es dan angin kencang melanda kawasan Jakarta Selatan dan sekitarnya, termasuk wilayah Ciputat dan Cirendeu.

Pukul 23.00 WIB, warga mulai mendengar suara gemuruh dari arah tanggul.

Pukul 24.00 WIB, beberapa warga mulai berbenah dan siaga.

Jumat 27 MaretPukul 03.00 WIB, warga mulai mendengar suara gemuruh lebih keras dari sebelumya. Suara berasal dari arah tanggul. Tanggul jebol.

Pukul 03.30 WIB, air sudah menerjang Kampung Situ RT 1/8 Cirendeu, Ciputat, Tangerang, Banten.

Pukul 04.00 WIB, warga mulai mengungsi. Air meninggi.

Pukul 05.00 WIB, Beberapa warga mulai naik ke atap rumah, pertolongan dari warga yang rumahnya tidak terendam.

sumber : okezone.

Air air air ? Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi,tetapi tidak di planet lain.Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi [wikipedia]

Air selain berguna untuk kehidupan kita dan mahluk hidup lainnya? ternyata juga bisa menimbulkan bencana untuk kita ? seperti banjir , mungkin yang dulu juga sangat menyedihkan saat tsunami di aceh begitu dahsyatnya kekuatan air? air juga di gunakan oleh dukun clik ponari sebagai media pengobatannya buat di celupkan batu ajaibnya ???

Hah apa ini menandakan air ingin protes kepada kita manusia untuk berikan ia tempat untuk berjalan dan dilalui? apakah air ingin merebut daratan yang sudah kita tempati ? atau air hanya ingin meminta tempatnya kembali yang telah kita manusia rebut darinya ? yahh sekarang memang hamparan luas persawahan sudah banyak menjadikan perumahan-perumahan ? sungai tempat ia berjalan penuh sesak sampah dan lain-lain, jadi gak salah juga banyak perumahan-perumahan dijadikan tempat bermainnya air (-banjir maksudnya-), air sungai meluap kemana-mana ? kalau di pikir air kaya manusia juga yaahh di saat jalanan macet atau sesak iapun mencari jalan tikus untuk ia lalui. air ohh air mengalir sampai jauhh.....??

Jadi Intinya sihh jagalah dan cintailah cewek cantik lingkungan anda , kamu dan kita semua, biar alam bisa menjadi sahabat kita?


Related Posts by Categories



  1. 9 comments: Responses to “ Tragedi Situ Gintung dan Air ”

  2. By torik on March 29, 2009 at 5:57 PM

    turut prihatin dan berduka..

  3. By munawar am on March 29, 2009 at 7:36 PM

    super komplit postingannya; seperti Live dari Lokasi Bencana..., tetangga yaahh? BTW, Indonesia memang Negeri Sejuta Bencana..

  4. By rita on March 31, 2009 at 11:07 PM

    kalo g ada air kita juga g bisa hidup ya kan, tinggal bagaimana kita memperlakukan air itu dg sebaik-baiknya, tragedi ini kan tidak lepas dr ulah manusia sendiri..

  5. By adhiwirawan on April 1, 2009 at 2:40 AM

    Semoga yang ditinggalkan diberi ketabahan

  6. By pecelele on April 2, 2009 at 5:10 AM

    air dibutuhkan manusia lk 12 gelas dalam sehari, air tsb digunakan untuk darah dan sirkulasi ginjal dan seterusnya, air dipermukaan tanah sebenarnya bertekanan ke bawah, tekanan ini hukum alam, hukuman manusianya adalah jika penampang untuk menampung air dijadikan semakin kecil, air yang jatuh dari langit yang sebanrnya rahmat tuhan yang maha esa jika masuk di tempat dengan penampang yang semakin kecil dan adanya tekanan maka air akan cari jalan keluar dengan kekuatannya, jebollah tanggul, kalau tidak di tanggul dan sungainya tidak dikotori makanya air tersebut mengalir seperti bengawan solo, (akhir-akhir ini juga banjir)jadi penyebab banjir adalah air yang meluap akibat berlebihannya curah hujan dan ketidak mampuan menampung dan mengatur air tampungan, .....

  7. By Anonymous on April 3, 2009 at 5:57 PM

    semua yg da di dunia ni bersift sementara.dan semua akan di minta lagi.semua akan dipertaxkn.semua akan di pertanggung jawabkn.mungkin manusiatidak sadar akan semua itu.sesungguhnya ALLAH TIDAK AKAN MENGUJI HAMBANYA LEBIHDARI APA YANG IA MAMPU.jadi salah satu kuncix adalah BERSABAR DAN BERTAWAKKAL

  8. By eka on April 3, 2009 at 6:01 PM

    INNALILLAHI WAINAILAIHI ROJIUN.
    allah mh besar,mh pemurah,mh kaya,mh mengasihi semua hambanya.
    jd bersabar itu yang utama.
    semua akan kembali kpdX.

  9. By auliia on April 4, 2009 at 12:38 PM

    perlu d.perhatikan kembali tanggul" yg sudda rusak ..

    smga yg d.tinggalkan d.beri k.tabahan ....

  10. By yoga on April 22, 2009 at 8:13 PM

    semoga tragedi yg menimpa kita ini dapat membrikan kita hikmah yg bermanfaat.

Post a Comment