Gempa Jakarta 6,4 Ujung Kulon

Written by bocahiseng on Saturday, October 17, 2009

Gempa Ujung Kulon terasa di Jakarta dengan kekuatan 6,4 SR - jakarta untuk kedua kalinya di guncang gempa, walaupun gempa yang kedua ini yang berpusat di ujung kulon terasa lebih kecil dari gempa yang pertama ketika berpusat di tasikmalaya tetapi cukup membuat panik ? saya melihat berita di televisi pasien di salah satu rumah sakit jakarta pada panik dan berhamburan keluar :'(, .

Penyebab Gempa Ujung Kulon

gempa ujung kulon Gempa Ujung kulon yang cukup kuat ini dipicu pergerakan lempeng Indo Australia dan Euro Asia di wilayah Ujung Kulon, Selat Sunda berpusat di koordinat 1,79 Lintang Selatan (LS) dan 105 Bujur Timur (BT) atau sekitar 42 kilometer dari Ujung Kulon . terjadi pukul 16.52 Waktu Indonesia Barat. Lokasi tepatnya ada gempa terjadi di 6.79 LS-105.11 BT (42 km Barat Laut Ujung Kulon, Jawa Barat). Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Badan Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) menyebutkan gempa sebesar 6,5 skala Richter dengan kedalaman 55,6 kilometer di Selat Sunda.

Menurut keterangan Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia dalam beberapa bulan terakhir terjadi akibat dinamika pada lapisan bumi.

Badan Geologi mencatat banyaknya gempa yang terjadi diakibatkan kondisi geografi Indonesia berada dalam pertemuan sejumlah lempeng tektonik besar yang aktif bergerak dimana setiap pergerakan lempeng berpotensi mengakibatkan gempa bumi.

Gempa 6,4 SR di Ujung Kulon Tak Terkait Gempa Tasik & Sumbar

"Ini bukan susulan yang dahulu, ini gempa yang tersendiri. Posisinya jauh dengan Tasikmalaya, juga tidak berkaitan dengan Gempa Sumbar," jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Jaya Murjaya melalui telepon, Jumat (16/10/2009).

Kawasan Ujung Kulon merupakan wilayah gempa. "Ini di selatan Jawa, tumbukan lempeng Indoaustralia dan Indoeurasia," terangnya.

"Gempa awalnya dipicu gerakan lempeng, jadi tidak pas di pertemuan lempeng," tutupnya

Yah Semoga saja Tidak ada Gempa-Gempa lagi deh Menyeramkan , apalagi gempa itu tidak bisa di duga datangnya dan berapa kekuatannya? jadi jika anda mendapat teror sms gempa jangan takut dan panik dulu OK?

Gimana Yahh Nasib Badak-badak disana ::LOH::?


Related Posts by Categories



  1. 2 comments: Responses to “ Gempa Jakarta 6,4 Ujung Kulon ”

  2. By facebook-hacker on October 20, 2009 at 10:39 AM

    gempa lagi hufhhhh

  3. By raden on October 23, 2009 at 7:05 PM

    ada apa ya indonesia kok gempa tok....

Post a Comment