Hujan Meteor Perseid

Written by bocahiseng on Wednesday, August 12, 2009

Hujan Meteor Perseid adalah ? apa tuhh saya sendiri baru tau pas lagi buka google ada logo dan tulisan "Hujan Meteor Perseid" biasanya kalau gitu ada peristiwa penting dong penasaran juga apa itu Hujan Meteor Perseid ? jadi langsung deh cari info cerita panas Hujan Meteor itu ? Dan jawabannya adalah ..... ?

Hujan Meteor Perseid 2009
Logo Google pake gaya hujan Meteor ...

Nama Perseids sendiri memang diambil dari rasi bintang tersebut. Komet-komet Perseids juga selalu muncul dari arah rasi tersebut yang bergerak dari arah timur laut ke barat sepanjang malam hingga pagi hari.Meteor-meteor tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet yang ditemukan pertama kali pada tahun 1862 itu mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Setiap pertengaha Agustus, Bumi melintasi orbitnya yang mengandung sisa-sisa ekornya yang ditinggalkan.

Hujan meteor Perseid terjadi karena Bumi melintasi serpihan-serpihan debu ekor komet Swift-Tuttle. Saat masuk atmosfer Bumi, bongkahan-bongkahan batu angkasa tersebut akan terbakar dan menghasilkan kilatan-kilatan cahaya di langit.Debu-debu dan serpihan ditinggalkan komet Swift-Tuttle saat memasuki orbit terdekat dengan Matahari beberapa tahun lalu. Komet yang memiliki periode orbit 130 tahun itu terakhir memasuki orbit terdekat dengan Matahari pada tahun 1992.

Puncak Hujan Meteor Perseid nanti Malam

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hujan meteor Perseid kembali terjadi pertengahan bulan Agustus ini. Pada puncaknya, Rabu (12/8) malam, kalau beruntung, Anda dapat melihat puluhan meteor setiap jamnya.

Peristiwa ini dapat diamati dengan baik Rabu besok menjelang tengah malam sampai Kamis (13/8/09) subuh sebelum matahari terbit. Untuk melihatnya, amati dengan seksama rasi bintang Perseus di arah Timur Laut menjelang tengah malam. Cahaya-cahaya komet akan muncul dari titik radian dekat rasi bintang tersebut. Itulah mengapa namanya Perseid karena memang diambil dari nama rasi tersebut.

"Pertunjukan langit Perseid selalu menjadi hujan meteor tahunan terbaik," kata Bill Cooke, Kepala Meteoroid Environments Office NASA di Alabama. Tidak perlu peralatan khusus untuk melihat hujan meteor tersebut. Bahkan, lebih menyenangkan mengamati dengan mata telanjang daripada menggunakan teropong karena bisa melihat munculnya meteor-meteor dari sudut langit yang lebar.

Lebih dari itu, pengamatan malam hari akan ditemani penampakan Bulan yang memasuki kuartal keempat. Namun, cahaya bulan akan sedikit mengganggu pengamatan karena cahayanya akan melemahkan cahaya komet, terutama yang kecil dan terlampau redup.

Kompas.com

Kalau Ngomongin Hujan Meteor jadi ingat ama filmnya sancai ama tomingse yaitu meteor garden yang ada meteor jatuhnya gitu ? :wellehhh..: tapi kalau sekarang sih terkenalnya Boy Before flowers versi korea meteor garden..kali yahh .. jadi jangan lewatkan peristiwa Hujan Meteor Perseid yang terjadi setahun sekali ini ? dan jangan lupa minta permohonanmu , kali-kali aja terkabul, Emang BIntang Jatuh kali ??? tapi kali-kali aja terkabul :)


Related Posts by Categories



  1. 0 comments: Responses to “ Hujan Meteor Perseid ”

Post a Comment