Halo Matahari Bandung

Written by admin on Wednesday, October 13, 2010

Halo Matahari Bandung fenomena matahari dikelilingi pelangi- Kejadian aneh 2010 bertambah :D gak ding .. kali ini Fenomena alam menarik menghiasi langit kota bandung, pada Selasa (12/10) siang, sekitar pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB.

gambar foto halo matahari

Langit Kota Bandung dihiasi dengan fenomena pelangi yang mengelilingi matahari yang biasa disebut dengan halo matahari.

Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Susi Yani, mengatakan, fenomena halo matahari ini merupakan fenomena optik yang langka karena jarang terjadi dan tidak bisa diprediksi.

Menurut dia, halo matahari terjadi ketika kristal-kristal air yang dibawa oleh awan cirrus lalu dibiaskan oleh sinar matahari dengan sudut yang tepat sehingga membentuk warna-warni pelangi. “ Banyak faktor yang bisa membuat fenomena ini terjadi,” ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, bukan hanya matahari yang bisa membuat fenomena optik seperti ini. “Pada malam hari juga dengan bantuan sinar bulan fenomena yang sama bisa terjadi,” ungkapnya.

Dia menambahkan,fenomena yang terjadi sekitar dua jam tersebut, tidak terlepas dengan jumlah kristal-kristal air yang dibawa oleh awan cirrus. "Ketika fenomena optik terjadi, awan cirrus yang berada di sekitar matahari memiliki ketinggian dasar mencapai 9.000 meter. Dengan jumlah ketinggian tersebut, pasti volume kristal-kristal air yang dibawa sangat banyak,” jelasnya.

Dengan volume kristal yang banyak, posisi sudut yang tepat antara awan cirrus dan matahari serta cuaca yang cerah bisa membuat halo terbentuk. Dia menambahkan, fenomena optik tersebut merupakan fenomena alam yang menarik. Namun, tidak berdampak pada kehidupan manusia secara siginfikan.

Menurut Susi, fenomena halo, selain terjadi dalam bentuk lingkaran penuh dengan bagian pinggir berbingkai warna pelangi, juga bisa terjadi dalam lingkaran separuh dengan pusat pada cahaya matahari.


Related Posts by Categories



  1. 1 comments: Responses to “ Halo Matahari Bandung ”

  2. By hamba allah on November 21, 2010 at 4:09 AM

    ya kalo itu ma sudagh biasa...
    karna,emankz dari dulu matahari itu kyk geto...
    "tau gax,knapa ntu matahari bisa di kelilingi sama pelangi"?
    "kalo loe pinter,pasti loe bisa jawab"

Post a Comment