Bulan Kembar

Written by admin on Friday, August 27, 2010

Fenomena Bulan Kembar - Apa itu Bulan kembar ? sebenarnya itu adalah fenomena astronomis yang unik dimana Kedua planet Yupiter dan Venus yang tergolong paling terang di antara planet dan bintang di langit muncul bergantian menemani terangnya bulan mungkin berita lengkapnya dari sini.

fenomena bulan kembar

Fenomena
"Bulan Kembar" di Pertengahan Ramadhan

Langit malam pertengahan bulan, 16 Ramadan 1431 H yang jatuh pada hari Kamis (26/8/2010) dihiasi fenomena astronomis yang unik. Dari sekitar Jakarta, cuaca sangat cerah sehingga bulan purnama kelihatan begitu terang, apalagi ditemani kerlap-kerlip bintang dan planet.

Ada yang berbeda malam ini. Selain munculnya bulan penuh, hanya sehari usai purnama kemarin, seperti setiap tengah bulan hijriah lainnya, langit malam beberapa minggu ini juga dihiasi planet-planet yang tergolong sangat terang, seperti Yupiter dan Venus. Kedua planet yang tergolong paling terang di antara planet dan bintang di langit muncul bergantian menemani terangnya bulan.

Fenomena tersebut pantas dijuluki "bulan kembar" meski bulan purnama tentu jauh lebih terang dari planet-planet itu. Andai kebetulan langit cerah dan tak tertutup awan tebal, tak lama setelah Matahari terbenam di ufuk barat, langit malam berganti dihiasi terangnya bulan purnama di timur. Di barat, Venus menampakkan cahayanya yang saking terangnya sampai dijuluki sang bintang Kejora.

Venus tak muncul lama karena ia hanya ada sekitar 90 menit sebelum tenggelam. Namun, tak lama kemudian, dari ufuk barat terbit Planet Yupiter sekitar pukul 20.45 saat jaraknya hanya sekitar 6 derajat di bawah bulan.

Jarak rata-rata Yupiter dan Bulan tampak kira-kira hanya setengah kepalan tangan saja. Keduanya akan bergerak selaras ke arah barat dan bisa dilihat sepanjang malam sampai waktu sahur sekitar pukul 03.00, Jumat (27/8/2010).

Malam ini Yupiter yang merupakan planet terbesar di tata surya memang terlihat lebih terang. Saat ini kebetulan planet tersebut sedang di posisi perihelium, jarak terdekat dengan Matahari, sehingga terlihat lebih besar dari Bumi.

Dibanding saat aphlium atau jarak terjauh dengan Matahari, yang terjadi tahun 2005, ukurannya terlihat 11 persen lebih besar dan tingkat keterangannya sampai 1,5 kali lipat dilihat dari Bumi.

Tentu fenomena tersebut hanya kebetulan terjadi pada bulan Ramadan kali ini. Namun, keunikan tersebut tentu pantas diamati meski sekadar disaksikan sekilas saja untuk mengingatkan kita terhadap kebesaran Sang Pencipta. Apalagi kalau Anda punya teleskop, peristiwa ini tentu haram dilewatkan. (Space.com/lompas.com)

Yah itu adalah kutipan berita dari kompas begitu juga pula gambar bulan kembar itu? dan Berikut ada foto penampakan Bulan Kembar yang dipublikasikan seorang kaskuser dimana menurut sumber tersebut bahwa foto penampakan Bulan Kembar ini terjadi di Aceh dan difoto dengan menggunakan ponsel Nokia N79.

bulan kembar

mudah-mudahan anda tidak berpikir ini sebagai tanda kiamat seperti banyak orang berpikiran tentang fenomena 4 matahari di cina yang bilang itu tanda kiamat, parno saya karena banyak kejadian aneh 2010 :D dibilang tanda kiamat padahal ada penjelasan ilmiahnya tapi bila anda menganggapnya begitu ? itu juga gak salah :D terserah masing-masing aja dehh..., jangan lupa lihat sinopsis film sang pencerah, film Zaskia A. Mecca terbaru.


Related Posts by Categories



  1. 4 comments: Responses to “ Bulan Kembar ”

  2. By Anonymous on August 28, 2010 at 1:39 AM

    * Munculnya 2 bulan
    * kemunculan 2 bulan
    * bulan dan mars
    * munculnya dua bulan
    * muncul 2 buah bulan
    * mars dan bulan berdekatan
    * muncul dua bulan
    * mars 27 agustus 2010
    * munculnya 2 bulan di indonesia
    * 2 buah bulan 27 agustus 2010

  3. By car reviews on August 28, 2010 at 11:24 PM

    benar sekali, sekarang ini hujanpun tidak dapat di perkirakan seperti tahun2 dulu.

  4. By hamba allah on November 21, 2010 at 4:04 AM

    sebelum wa liat sendiri,dengan mata kpala wa sendiri,wa blum bisa percaya,bukan brarti wa meragukan ke ESA an allah,
    tapi,karna manusia skarankz meliput brita tanpa ada pemikiran sedikit pun,maen liput ajja!

  5. By Resna Tazkiyatunnafs on January 23, 2011 at 11:14 AM

    Okelah, walaupun bisa jadi bukan tanda kiamat, toh, sekarang kita juga bisa mati, meski juga bisa dijelaskan dengan ilmiah

Post a Comment