Densus 88 - Detasemen Khusus 88

Written by bocahiseng on Friday, August 14, 2009

Profil Densus 88 atau Detasemen Khusus 88 pasti udeh gak asing lagi denger nama ini ? apalagi saat ini perburuan teroris begitu gencar-gencarnya dilakukan apalagi gembong terroris nomor 1 noordin m top lom ketangkap yuk kita sedkit mengenal apa dan siapa Densus 88 ?

densus 88

Detasemen Khusus 88 atau "Densus 88" adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penanggulangan teroris di Indonesia. Pasukan khusus berompi merah ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom. Beberapa anggota juga merupakan anggota tim Gegana.

Detasemen 88 dirancang sebagai unit antiteroris yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan. Unit khusus berkekuatan diperkirakan 400 personel ini terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang di dalamnya terdapat ahli penembak jitu.

Pembentukan Densus 88 - Detasemen Khusus 88 diresmikan oleh Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Firman Gani pada tanggal 26 Agustus 2004. Detasemen 88 yang awalnya beranggotakan 75 orang ini dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi Tito Karnavian yang pernah mendapat pelatihan di beberapa negara.

Dan Arti angka 88 pada tulisan Detasemen Khusus 88 (Densus 88) ini menyerupai dua buah borgol. Angka 88 merupakan representasi dari korban peristiwa bom Bali pada tahun 2002 dari warga asing yang mengalami korban terbanyak yaitu Australia. Makna "88" berikutnya adalah, angka "88" tidak terputus dan terus menyambung. Ini artinya bahwa pekerjaan Detasemen 88 Antiteror ini terus berlangsung dan tidak kenal berhenti. Angka "88" juga menyerupai borgol yang maknanya polisi serius menangani kasus ini.

Pasukan khusus ini dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat melalui bagian Jasa Keamanan Diplomatik (Diplomatic Security Service) Departemen Negara AS dan dilatih langsung oleh instruktur dari CIA, FBI, dan U.S. Secret Service. Kebanyakan staf pengajarnya adalah bekas anggota pasukan khusus AS. Pusat pelatihannya terletak di Megamendung, 50 kilometer selatan kota Jakarta. [wikipedia]


Pasukan Densus Lagi Latihan - via youtube

Walaupun ada sedikit cibiran tentang densus 88 ini karana pada saat pengepungan teroris temanggung terlalu lama (17 jam) dan melibatkan banyak pasukan ?? tapi itu hanya sebagian orang saja sih kalau menurut saya mereka pasti bertindak semampu mungkin dan sudah berusaha memberikan yang terbaik :) iya toh.. hidup densus 88 brantas teroris di indonesia...


Related Posts by Categories



  1. 0 comments: Responses to “ Densus 88 - Detasemen Khusus 88 ”

Post a Comment