Bahaya Melamin pada Makanan

Written by bocahiseng on Friday, September 26, 2008

Banyak Daftar makanan yang ditarik karana mengandung susu melamine, begitu banyak razia-razia makananan yang dilakukan di supermarket dan toko-toko emang apaan sih melamine itu

Melamin adalah basa organik dengan rumus kimia C3H6N6. Zat ini merupakan trimer dari cyanida. Bersama dengan formaldehyde melamin digunakan untuk memproduksi resin melamin, plastik yang sangat tahan panas, dan busa melamin, produk polimer pembersih. Melamin merupakan metabolit dari cyromazine, salah satu senyawa pestisida.

Daftar makanan yang ditarik karana mengandung susu melaminemerek-merek yang mengandung melamineDaftar makanan yang ditarik karana mengandung susu melaminemelamine adalahmelamine adalah

Kenapa sih Melamine di tambahkan ke susu ? Melamin ditambahkan ke dalam susu untuk membuat 'seolah-olah' kadar protein dalam susu tinggi. Hal ini biasa dilakukan pada hewan ruminant (sapi, kerbau, dan lainnya) untuk meningkatkan asupan nitrogen. Berbeda dengan hewan lainnya, hewan ruminant seperti sapi memperoleh asupan nitrogen dari proses fermentasi makanan bukan protein (makanan utama sapi adalah rumput-rumputan) oleh bakteri yang terdapat dalam sistem pencernaan. Nitrogen hasil fermentasi ini disebut sebagai non-protein nitrogen (NPN)

Berdasarkan informasi di situs WHO, pencampuran melamin pada susu berawal dari tindakan pengoplosan susu dengan air. Akibat pengenceran ini, kandungan protein susu turun. Karena pabrik berbahan baku susu biasanya mengecek kandungan protein melalui penentuan kandungan nitrogen, penambahan melamin dimaksudkan untuk mengelabui pengecekan agar susu encer tadi dikategorikan normal kandungan proteinnya.

Kandungan protein yang tinggi memang biasa dijadikan parameter untuk menentukan kualitas susu susu mempunyai jumlah protein yang besar, dapat dikatakan ia mempunyai kualitas yang baik. Maka produsen-pun berusaha agar produknya memiliki kandungan protein yang tinggi.

Apa sih bahaya Melamine ? Melamin dapat membuat iritasi bila terhisap dan bila kontak dengan mata atau kulit. Melamin juga dapat mengakibatkan kerusakan pada reproduksi, kandung kemih, dan batu ginjal. Juga dapat menyebabkan kanker dan yang paling parah dapat meninggal dunia.

Selain Kekurangan dan Bahaya apa sih kelebihan Melamine ? Peralatan makan yang terbuat dari melamin di satu sisi menawarkan banyak kelebihan. Selain desain warna yang beragam dan menarik, fungsinya juga lebih unggul dibanding peralatan makan lain yang terbuat dari keramik, logam, atau kaca. Melamin lebih lebih ringan, kuat, dan tak mudah pecah. Harga peralatan melamin pun relatif lebih murah dibanding yang terbuat dari keramik misalnya.

Lebihh Lengkap tentang Melamine Baca saja Disini.

Daftar Makanan yang Ditarik Karena Mengandung Susu Melamin

Jinwel Yougoo susu fermentasi rasa jeruk
Jinwel Yougoo aneka buah
Jinwel Yougoo tanpa rasa

Guozhen susu bubuk fullcream
Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa coklat
Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa vanilla
Oreo Stick Wafer
Oreo Stick Wafer (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)
Oreo Coklat Sandwich Cookies

M&M's kembang gula coklat susu
M&M's coklat susu
Snicker's (Biskuit-Nougat lapis coklat)
Dove Choc kembang gula coklat
Dove Choc
Dove Choc
Natural Choice yogurt Flavoured Ice Bar
Yili Bean Club matcha Red Bean ice bar
Yili Bean Club red bean ice bar
Yili Prestige Chocliz
Yili Chestnut Ice Bar

Nestle Dairy Farm UHT pure milk
Yili High Calcium low fat Milk Beverage
Yili High Calcium Milk Beverage
Yili pure milk 205 ml
Yili Pure Milk 1 L

Dutch Lady Strawberry Flavoured milk
White Rabbit creamy candy
Yili Choice Dairy Frozen yoghurt bar (kembang gula).

28 daftar makanan yang mengandung melaminmerek-merek yang mengandung melaminebahaya melamin melamine adalahmelamine bahaya

Menkes Dr. dr. Fadilah Supari menegaskan kembali bahwa tidak ada produk susu formula (susu untuk bayi) dari China yang beredar di Indonesia. Produk susu formula dan susu olahan yang diproduksi di Indonesia dan telah memperoleh ijin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dengan Kode Registrasi MD aman dikonsumsi.

Jadi Lebih berhati-hati dan lebih teliti apa yang akan anda konsumsi dan keluarga , sumber tulisan diambil dari berbagai sumber semoga berguna Daftar makanan yang ditarik karana mengandung susu melamine mohom maaf jika ada kesalahan.


Related Posts by Categories



  1. 2 comments: Responses to “ Bahaya Melamin pada Makanan ”

  2. By Anonymous on September 26, 2008 at 9:05 PM

    ngga lagi2 makan makanan itu.. :(

  3. By Anonymous on October 24, 2008 at 3:42 PM

    Artikel anda di

    http://orang-tua-anak.infogue.com/bahaya_melamin_pada_makanan

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

Post a Comment