Rekaman Pembicaraan Adam Air Black Box
Written by bocahiseng on Saturday, August 02, 2008Kecelakaan pesawat Boeing 737-400 PK-KI 574 milik Adam Air masih ingat kan yang hilang di perairan majene sulawesi barat, 1 january 2007 yang lalu Tercatat ada 96 penumpang dan 6 awak pesawat tewas, saya pribadi sudah tak ingat tetapi setelah menonton berita malam saat ini saya melihat dan dengar rekaman black box pesawat antara pilot dan co pilotnya sebelum pesawat itu jatuh uh.. bikin saya merinding apalagi saat-saat terakhir co-pilot dan pilotnya meneriakan takbir, “Allahu akbar” beberapa kali. trus cari kesana-kemari buat lengkapnya eh ketemu.....
Beredar Rekaman Pembicaraan di "Kokpit AdamAir"
Di internet beredar rekaman pembicaraan yang disebut-sebut sebagai rekaman terakhir pembicaraan di kokpit pesawat naas AdamAir dengan nomor penerbangan KI 574 tujuan Surabaya-Manado yang jatuh di perairan Majene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 silam. Rekaman pembicaraan ini tersebar secara berantai melalui e-mail dan salah satunya masuk ke inbox kompas.com. Entah, sejak kapan rekaman ini beredar. Juga tidak diketahui secara pasti benar atau tidaknya rekaman ini. Rekaman berdurasi 5:38 menit itu merupakan percakapan dua orang lelaki dengan latar belakang suara gemuruh di sepanjang percakapan. Seorang lelaki dalam percakapan itu dipanggil "Kep" (Captain). Lelaki yang satunya lagi tidak bisa diidentifikasi. Namun, tertangkap dengan jelas dari nada suaranya, lelaki yang dipanggil "Kep" adalah pimpinan dari lelaki yang satunya. Di awal percakapan mereka membicarakan tentang cuaca yang buruk dan ketidakjelasan posisi. Pilot kemudian memutuskan untuk terbang menggunakan sesuatu yang disebutnya "attitude". Menjelang akhir rekaman, kedua orang itu banyak menyebut angka. Radio komunikasi tidak putus-putus berbunyi. Di akhir percakapan, nada suara kedua orang itu terdengar panik. Suara lelaki yang dipanggil "Kep" berulang kali berteriak, "Coba naik...Coba naik...." Lalu suara gemuruh terdengar lebih keras dan kedua orang itu berulang-ulang menyebut asma Allah, "Allahu Akbar...Allahu Akbar..." Kemudian terdengar suara seperti benturan diikuti teriakan asma Allah yang panjang dan rekaman itu berakhir. Mirip? Kalau dicermati, rekaman percakapan ini mirip dengan persoalan yang dihadapi almarhum Kapten Pilot Refri A Widodo dan kopilot Yoga di kabin pesawat naas itu. Berdasarkan penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pesawat yang membawa 96 penumpang ini awalnya dihantam cross wind (angin yang tiba-tiba muncul dari arah samping pesawat) yang membuat pesawat keluar dari lintasan. Pilot kehilangan posisi. Berdasarkan rekaman pembicaraan antara kokpit AdamAir dengan Air Traffic Control (ATC) Makassar pesawat diduga keluar jalur lintasan penerbangan dari Surabaya-Manado. Kokpit AdamAir sempat meminta ATC Makassar memandunya. Ketika pilot melaporkan adanya cross wind,radar ATC Makassar menangkap pesawat bergeser ke luar lintasan ke arah barat. ATC lantas meminta pesawat mengubah arah. Namun, sebelum mencapai jalur pesawat sudah hilang dari radar. Sementara itu, berdasarkan analisis KNKT, pesawat yang terbang pada hari pertama tahun 2007 itu mengalami kerusakan alat bantu navigasi inertial reference system atau IRS. Pilot mengalami disorientasi spasial, tidak menyadari kemiringan pesawat. Kemiringan pesawat mencapai 100 derajat dan posisinya menunduk 60 derajat. Pesawat meluncur sangat kencang dengan kecepatan Mach 0,926 atau setara dengan 1.100 kilometer per jam. Padahal, kecepatan normal Mach 0,82. Akibatnya pesawat tidak mampu lagi dikendalikan dan jatuh ke laut. Rekaman itu Berikut rekaman pembicaraan itu: .....suara gemuruh yang monoton.... Lelaki yang dipanggi "Kep" (Capt): Ini posisinya dia di sono... .....suara pembicaraan dalam bahasa Inggris di radio komunikasi (tidak jelas).... Capt: Ujung pandang di luar.. Lelaki lain (Lelaki): Cuaca....ampun deh.. ......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas).... Capt: Lho, ini diembinye dia? (apakah yang dimaksud DMB?) Lelaki: Iya, makanya itu Capt, ngaconya di situ Capt: Lha, ini mike kilo siera (MKS)? ......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas).... Capt: Tapi nggak jelas nih Capt: Anginnya dah mulai normal lagi Lelaki: Ya ......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas).... sempat terdengar, "Selamat tahun baru, Mas....ok di-copy, disampaikan nanti insya allah.." Capt: ....(tidak jelas)...diembi gue beda dengan diembi gambarnya ini Lelaki: Iya, ngaco dia, benar Capt: Udah ngaco emang...(jeda)... udah mulai kapal bambu, udah.... (jeda)....mendingan kita percaya sama ini aja deh.. Lelaki: Hehe..(tertawa kecil) iya lah Capt:...Terlalu jauh banget... .....suara gemuruh yang monoton... Capt: Salah lagi itunya .....suara gemuruh yang monoton... Capt: Coba tolong confirm posisi aja .....(tidak jelas, Capt memerintahkan lelaki berbicara tentang sesuatu).... ........komunikasi radio dalam bahasa Inggris, "Confirm radio...contack to radio 307.."...selanjuntya tidak jelas.... Capt: Ok, that's confirm..ok that's confirm Capt: Ngaco...bla..bla..nya... (terdengar seperti SMS-nya) SMS telah mengacaukan dirinya sendiri, edan opo (gila apa) Capt: Woi, terbangnya melanglang buana'e... .....suara gemuruh yang monoton... Lelaki: ...tidak jelas... Capt: Coba gue pake ini aja deh terbangnya....(tidak jelas)...taruh di attitude... Lelaki: Yes... .....suara gemuruh yang monoton... Lelaki: Masuk ke..? Capt: Fill aja Lelaki: Fill? Capt: Iya full aja Lelaki: Full aja ya Capt: Kita pake atitude aja ni Lelaki: Yang left? ....percakapan tertutup komunikasi radio dalam bahasa Inggris....... .....kreett..krett...komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas).... Capt: Masukin heading Lelaki: Heading berapa nih, Capt? Capt:Zero..zero..seven nine ya Lelaki: Ya ......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas).... Capt: Coba naik lagi Capt: Coba left lagi Lelaki: Yes Capt: Coba left...coba left ... Lelaki: Ok Capt Capt: Jangan dibelokin nih (suara Captain mengeras) Lelaki: Captain...Captain... Captain...(panik) ......Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek....kretek...kretek.... Lelaki: Aduh Capt..Capt... Capt: Ya..ya.. ......Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek....kretek...kretek.... Tidak jelas lagi suara siapa, terdengar Alhahu Akbar berulang kali....disertai suara gemuruh yang semakin keras.....suara seperti benturan dan teriakan aaaahhhh.... Alhahu Akbar .....Alhahu Akbar ......Alhahu Akbaaaaaaaaaar......(rekaman berhenti)... Transkrip di situs lain Rekaman ini juga banyak diulas di sejumlah blog dan didiskusikan di sejumlah situs komunitas. Di situs komunitas Kaskus, bahkan beredar transkrip lengkapnya. Berikut transkrip yang diambil dari Kaskus. (WARNING sound) : PULL... Voice on DHI 574 cockpit : ini ---- ATC: trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent? in the background (Adam's pilot chatting: ---- ----- headingnya.....ini posisinya dia, di sono.... iya 21 mile) . TGN 161: say again sir? ATC: trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement? TGN 161: affirmative, we are make holding ATC: roger, trigana 161, now fly heading... ee... two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra... in the background (Adam's pilot chatting: ---- ----- -----, ujung pandang.... bos.... ujung pandang jelas?) Voice on DHI 574 cockpit: aiyyah.... cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh) TGN 161: ----heading 260, 15 miles holding, trigana 161 Voice on DHI 574 cockpit: loh, ini DMEnya nih yah... iya makanya juga ngaconya disitu nah, ini mike kilo sierra yah... ATC: adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA? DHI 574: affirm mach 74 maintaining 070... Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074 anginnya dah mulai normal lagi iyah.... ATC: Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot's name) selamat tahun baru mas.... DHI 574: Gatu ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah.... Voice on DHI 574 cockpit: ---- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini iyah... ngaco dia tuh brarti dah ngaco dah emang ...dah ngaco udah mulai gambar bambu ini udah, kita percaya ama ini aja deh... hehehe... iyalah.... ---- cewe-cewe makanya, terlalu jauh banget ---- ___noise___ salah lagi ini dia.... ---- iya nih coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu (on the background, FO calling ATC) ATC: go ahead ---- : ---- ---- DHI 574: roger... adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra Voice on DHI 574 cockpit: ok..... that's confirm... that's confirm affirm iya khan.. ngaco ngaco FIDSnya udah ----, FMSnya… FMS telah mengacaukan dirinya sendiri... UEDANN opo... oi terbangnya melanglang buana eh.... TGN 161: trigana 161, maintain visibility now ATC: standby one Voice on DHI 574 cockpit: ini aja kep yah coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake ---- audio altitude yes yah ini aja TGN 161: Trigana 161 request visibility now? ATC: standby one TGN 161: standby Voice on DHI 574 cockpit: masuk ke…. fail aja fail? yah, vault aja nih ---- ntar attitude (or) altitude aja nih ada semua ---- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit) attitude (or) altitude? nggak.. yang laen... ATC: trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots Voice on DHI 574 cockpit: (Adam's AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini ...) TGN 161: copied, trigana 161 Voice on DHI 574 cockpit: ---- SELCAL dan altitude masukin ini heading brapa nih kep? (FO asking) zero... zero seven nine yah (captain) iya masukin ini keatas TGN 161: trigana 161, request ILS.. visual at runway 13 ATC: trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13 Voice on DHI 574 cockpit: ini kep? taro NAV lagi.... TGN 161: trigana 161, ....descent to two thousand confirm? (in the background, warning sound ....----....) ATC : affirm Voice on DHI 574 cockpit: taro NAV lagi, taro NAV lagi.... TGN 161: descent to two thousand, trigana 161 Voice on DHI 574 cockpit: yes? taro NAV lagi (in the background, WARNING sound .... ---- .... WARNING alarm) taro NAV lagi NAV!...... ok kep? JANGAN DIBELOKIN Nih... kita ---- ----- captain, captain, captain... (WARNING sign.... ticking....) aduh kep, kep, kep.... ya, ya... Allahuakbar....... Allahuakbar........ Allahuakbar…….. Allahuakbar........ DHI 574: Mayday..... Voice on DHI 574 cockpit: argh... Allahuakbar.... DHI 574: MAYDAY… MAYDAY…!! Voice on DHI 574 cockpit: Allahuakbar.... allahuakbar.... (…sounds like windshield kracking…) argh... allahuakbar.... NB : - DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion) - Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang - ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP). - DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu. - DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation). - FO = First Officer…. Copilot. - FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.
Sumber : kompas.com
Download Rekaman nya dalam bentuk mp3 buat yang penasaran
download filenya melalui link di bawah ini: http://rapidshare.com/files/133783829/Rekaman_Adam_Air.mp3.html
atau hosting lokal disini : http://www.indowebster.com/Rekaman_Adam_Air.html
http://www.hostinglokal.com/7wabzmlx8fdg/Rekaman_Adam_Air.mp3.htm
Berita bergambar dari Tragedi adam air 1 januari 2007 silam disini.
Semoga Kejadian ini tak terulang lagi dan Arwah para korban tenang di alam sana. aminn
11 comments: Responses to “ Rekaman Pembicaraan Adam Air Black Box ”
By Anonymous on August 2, 2008 at 5:47 AM
fuih sampai capek bacanya, komplit bener euy :)
makasih link donlutnya mas, mo langsung denger aja :)
By Anonymous on August 2, 2008 at 9:51 AM
ih serem ya naik pesawat... apalagi domestik..
gue beberapa kali mengalami turbulensi waktu terbang ke bali dan surabaya... pernah juga bali-lombok malem2.. sereeeemmm
By Anonymous on August 2, 2008 at 10:37 AM
iseng-iseng bermanfaat deh lo guyz ngasih infonya, cos gue jadi tau gimana kronologis kejadiannya.. tapi waktu gue liat berita tadi pagi tuh katanya nih berita cuman rekayasa, gimana yang bener sih...
eit, gue masih muda neh, belom jadi om-om.. he...
By Anonymous on August 2, 2008 at 11:40 AM
*merinding* nggak tega donlot.. cuma buka YouTube aja.. semoga arwah2nya di terima disisi-NYa. Amin.
By Ilmanic on August 2, 2008 at 2:25 PM
brooo itu keyword percakapan pilot adam air jadi no 1 di google hari ini :D
By Anonymous on August 2, 2008 at 5:07 PM
Saya g tau ini rekayasa pa bukan.. yg jelas.. hanya doa mengiringi kepergian mereka.. "Ya Allah, terimalah amal ibadah mereka!"
By Anonymous on August 2, 2008 at 10:23 PM
Kalo ingat peristiwa itu, saya jadi sedih karena salah satu teman saya mahasiswa D1 STAN berada di dalam pesawat naas itu dan menjadi korbannya.......Semoga amal dan ibadahnya beserta seluruh awak pesawat itu diterima Alloh SWT, amin.
By Anonymous on August 3, 2008 at 3:33 PM
@tipis
semoga berguna mass?
@mashengky
wah nakutin tuh
@zonamerah
makasih om tetap aja om
@romanticpurple
emang serem dan miris banget om
@ptcwarrior
diberita juga lagi heboh om
@anonim
amin........
@taupik
turut berduka mass, semoga arwah para korban tenang disana amin
By Anonymous on August 3, 2008 at 4:55 PM
serem ya. jadi takut naik pesawat
By Anonymous on August 3, 2008 at 4:58 PM
rekamannya bener apa ngga y???????
By Anonymous on August 5, 2008 at 2:56 PM
mengungkap luka lama yang mulai dilupakan...
beredarnya rekaman ini pasti bukan tanpa sebab??????? tapi yang pasti mudah-mudahan semua yang menjadi korban dapat diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT, amin. dan untuk semua pengguna maskapai penerbangan, jgn takut karna kematian adalah haq kita sebagai mahluk hidup semua adalah kehendak sang kuasa.....