Fitur Android Honeycomb

Written by admin on Tuesday, February 01, 2011

Inilah 5 Fitur Utama Android Honeycomb - Seperti yang diketahui OS Android Honeycomb adalah sistem operasi yang khusus dibuat untuk perangkat tablet dan Motorola Xoom merupakan perangkat pertama yang berjalan dengan platform tersebut. Mengapa "sarang madu" ini hanya didedikasikan untuk tablet?

5 Fitur Android Honeycomb
Motorola Xoom Tablet yang Menggunakan OS Android Honeycomb

Inilah lima alasan sekaligus fitur utama yang ada pada Android Honeycomb.

1. Tab, bukan Windows
Ketika menggunakan browser Android pada ponsel pintar, pengguna hanya bisa mengakses satu alamat situs di satu halaman utama. Sedangkan Android Honeycomb memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai alamat situs pada satu halaman utama dengan menggunakan tab. Sehingga, pengalaman browsing di tablet sama seperti mengakses situs melalui komputer desktop.

2. Mudah mengakses akun Gmail plus "Action Bar"
OS Android yang selama ini "resminya" berjalan pada smartphone menampilkan pesan dalam akun surat elektronik Gmail dalam satu kolom panjang. Sementara Android Honeycomb akan membagi pesan menjadi dua kolom sehingga pengguna lebih mudah untuk mengelola pesan. Ada pula fitur "Action Bar" yang akan selalu hadir ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi untuk memindahkan pesan dari folder ke folder.

3. Mendukung grafis tiga dimensi
Mampu menampilkan layanan Google Map lebih rinci dan dalam bentuk tiga dimensi.

4. Tambahan fitur untuk perusahaan
Tablet yang menggunakan sistem operasi Google Android Honeycomb mendukung aplikasi khusus yang diterapkan pada perusahaan tertentu dan memiliki sistem keamanan memadai, seperti enkripsi data dan password.

5. Keyboard Virtual komplit
Google merancang ulang bentuk papan ketik pada tablet yang berjalan dengan Android Honeycomb. Keyboard juga bisa menampilkan karakter khusus, misalnya ketika pengguna menekan tombol e, maka akan keluar pilihan huruf e, seperti "é," "ë," atau "ê."

sumber:tempointeraktifcom

Karena Android Honeycomb memang khusus untuk OS Tablet jadi yang ingin beli Tablet android gak salah juga pilih perangkat yang udeh dukung OS Android Honeycomb ini atau Perangkat tablet yang OSnya bisa diupgrade ke Android Honeycomb ini.

Inilah 10 Fitur Android 3.0 Honeycomb Terbaru

Info Tambahan

Google baru saja merilis SDK dari Android 3.0 Honeycomb yang ditujukan untuk pengembang/programer perangkat lunak. Meski belum dirilis untuk publik namun dengan adanya SDK ini bisa memberikan gambaran mengenai kemampuan OS mobile yang dioptimasi untuk tablet ini.

Berikut 10 fitur baru yang ada di OS dengan gambar lebah biru ini.

* Ada efek grafik 3 dimensi yang bisa bekerja dengan mulus walaupun untuk aplikasi dengan kebutuhan kinerja grafis tinggi. Efek 3D ini juga tersedia untuk aplikasi, wallpaper, dan grafik lainnya.

* Antarmuka pengguna (UI) Honeycomb didesain ulang khusus untuk tablet dengan mememperhitungkan ukuran layar yang lebih besar daripada OS Android sebelumnya yang didesain untuk layar smartphone ukuran maksimal 4 inci. Layar muka Honeycomb juga memakai papan menu yang selalu nampak di bagian bawah layar. Papan ini berisi notifikasi, status sistem, dan navigasi di layar selain tampilan jam, mode redup, dan lain-lain. Sementara itu tampilan papan aksi di bagian atas akan tergantung pada aplikasinya.

* Multitasking yang lebih mudah dengan adanya peluncur aplikasi yang baru dijalankan (recent apps). Tool ini terdapat di sistem bar sehingga selalu terlihat dan memudahkan untuk berpindah antaraplikasi tanpa perlu masuk ke dalam menu.

* Papan ketik virtual yang bersahabat dan mudah digunakan. Layarnya lebih alami dan lebih besar dengan meniru tampilan papan ketik notebook/laptop dan bukan seperti papan ketik ponsel.

* Copy/paste yang lebih baik dengan tambahan opsi menu untuk operasi manipulasi teks. Papan menu di bagian atas akan menyediakan berbagai opsi seperti cut, copy, copy ke clipboard, share, paste, pencarian ke web, hingga pencarian lokal.

* Peningkatan koneksi termasuk wifi dan Bluetooth untuk tethering. Pemindaian atas wifi ditingkatkan sehingga bisa mempercepat penyambungan koneksi sementara dengan Bluetooth pengguna bisa melakukan tether dan membagi koneksinya dengan perangkat lain termasuk dukungan ke perangkat sederhana yang tidak memiliki antarmuka pengguna.

* Penjelajahan web anonim juga didukung dalam Honeycomb. Pengguna bisa menjelajah web secara privat termasuk mode incognito untuk melakukan pencarian di web secara diam-diam. Selain itu browsernya juga diubah dari multi-window menjadi tabulasi dengan halaman terbuka akan ditampilkan pada papan yang berada di bagian atas layar. Sinkronisasi bookmark juga tersedia berkat opsi akun Google untuk segala aktivitas.

* Aplikasi yang sudah ada juga akan tetap bekerja baik meski aplikasi yang tersedia di Android Market saat ini didesain untuk smartphone yang memiliki ukuran layar lebih kecil. Tombol fungsi menu yang ada di ponsel Android sekarang digantikan dengan menu Action Bar. Ada juga opsi bagi developer untuk membuat tata letak bagi layar yang lebih besar dan menambahkannya pada aplikasi yang sudah mereka buat.

* Pengorganisasian email lebih mudah dengan tampilan dua bagian layar. Ini seakan meniru tampilan pada iPad yang bekerja dengan mengesankan. Pengorganisasian menjadi lebih mudah termasuk adanya fitur sinkronisasi email.

* Widget akan lebih interaktif dengan fungsi yang lebih beragam dan tidak hanya pasif menunggu informasi dari penguna. Gerakan tangan dan jari juga bisa digunakan untuk menggulung layar secara 3D untuk menyusun konten termasuk operasi navigasi yang lebih menyenangkan.


Related Posts by Categories



  1. 9 comments: Responses to “ Fitur Android Honeycomb ”

  2. By Anonymous on February 5, 2011 at 1:29 AM

    6 Alasan untuk Menyukai Android 3.0 Honeycomb

    Google telah meluncurkan OS Android versi 3.0 Honeycomb belum lama ini. Berbeda dari perkembangan versi OS sebelumnya, kali ini Google menyuguhkan tampilan OS yang benar-benar berbeda serta telah dioptimalkan untuk perangkat tablet. Apa yang membuatnya berbeda dan menjadikannya disukai oleh para konsumen gadget? Berikut adalah 6 alasan untuk menyukai Android Honeycomb:

    * Multitasking dan Penggantian Task yang diperbarui: Android saat ini tidak mudah untuk melihat aplikasi apa yang sedang berjalan dan mengganti ke aplikasi lain. Dengan Honeycomb maka penguna dapat berganti aplikasi dengan mudah layaknya OS desktop seperti pada Windows dan Mac OS X. Caranya tap ikon di system bar baru, kemudian pengguna akan disuguhkan thumbnail dari seluruh aplikasi yang sedang berjalan dan mampu untuk mengakses aplikasi lain.

    * Kemampuan widget yang lebih baik: Honeycomb telah mendukung widget yang lebih diperluas, memungkinkan interaksi lebih baik antara data dan pengguna. Sebagai contoh, gadget Gmail memungkinkan pengguna untuk scroll melalui inbox tanpa harus menjalankan aplikasi secara langsung.

    * Peningkatan Copy-Paste: Fungsi Copy-Paste telah berjalan di Android versi saat ini, namun masih terasa sulit digunakan terutama ketika ingin menentukan teks yang ingin dikopi. Fitur Copy-Paste pada OS Honeycomb dibuat menjadi lebih mudah, dengan panah yang mudah dilihat, lebih besar, dan lebih mudah digunakan untuk menentukan teks. Pengguna juga diberikan pilihan apa yang ingin dilakukan terhadap teks yang telah dipilih, seperti copy, paste, sharing, dsb dengan memilihnya dari Action Bar.

    * Chrome yang lebih baik: Ada hal penting yang kurang dari browser Chrome di Android saat ini, yaitu Tab. Tidak heran mengingat OS Android tadinya hanya ditujukan untuk ponsel yang memiliki layar terbatas untuk tab. Berbeda pada Honeycomb yang dirancang untuk tablet, ukuran layar menjadi lebih besar sehingga Chrome pada OS Android Honeycomb mendapat Tab. Masih belum cukup, terdapat lagi sinkronisasi bookmark dengan Google Chrome di PC serta mode incognito untuk browsing secara privat.

    * Notifikasi yang lebih baik: Notifikasi juga mendapatkan perubahan, kali ini semua notifikasi terkirim kebagian kanan-bawah layar. Notifikasi tersebut juga termasuk konten dan informasi yang lebih banyak. Masih belum jelas apakah

    fitur ini akan tetap berfungsi bila Honeycomb ditanamkan di ponsel pintar.
    * Peningkatan fitur drag-and-drop dan multi sentuh: Akan terdapat tambahan gestur dan kemampuan drag-and-drop. Google telah mendemokan aplikasi Gmail baru menggunakannya, sebagai contoh dapat memindahkan surat antara label-label dengan drag-and-drop.

    Perangkat tablet OS Android 3.0 Honeycomb akan segera hadir di kuartal pertama 2011, beberapa yang dipastikan akan menggunakannya adalah tablet Motorola XOOM, LG G-Slate, Samsung Galaxy Tab 2, dan ASUS Eee Pad. Sukakah anda dengan kelebihan yang ditawarkan Android Honeycomb diatas? Atau ada yang ingin menambahkannya, silahkan berikan komentar dibawah.

    via pcworld

  3. By Dapatkan Rp 2,5 Juta Perhari Tanpa Kerja keras Hanya Online 30 Menit Sehari [ Klik Disini dan Buktikan !!! ] on February 6, 2011 at 11:32 AM

    Kunjungi : InfoDahsyat.com/formulabisnis

  4. By arena on May 25, 2011 at 9:24 AM

    semakin banyak dan maju aja nih android... keren banget...

  5. By hot on May 25, 2011 at 9:25 AM

    photo seksi hot ddan mantap.... silahkan

  6. By Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah on June 4, 2011 at 6:03 AM

    makasih atas reviewnya mas,,sangat membantu,,,salam kenal..

  7. By Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah on July 11, 2011 at 1:09 PM

    semakin banyak dan maju aja nih android... keren banget...

  8. By Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah on August 7, 2011 at 4:21 PM

    iya bener,, makin yahudd euy,, android di hatiku.. hehehe..

  9. By yaya rosana on September 19, 2013 at 11:45 PM

    Gwe bener" kesengsem tuh sama andro tab versi honeycom ...!

  10. By mahasiswa teladan on December 2, 2013 at 1:19 PM

    ijin save ya gan, thanks for sharing :)

Post a Comment