Penjelajah Waktu di Film Charlie Chaplin Tahun 1928

Written by admin on Friday, October 29, 2010

Penjelajah Waktu atau time traveler di Film Charlie Chaplin - Mesin waktu entah ada atau tidak tetapi kalau di cerita film memang sudah banyak yang mengisahkan salah satunya adalah Back to The Future, bahkan si doremon juga punya alat mesin waktu? tetapi memang mesin waktu itu masih misterius jadi ada yang percaya dan tidak percaya. tetapi itu sih terserah masing masing aja dehh... kembali ke Penjelajah Waktu di Film Charlie Chaplin dehh..

Penjelajah Waktu di Film Charlie Chaplin

seseorang di Film "The Circus' yang dibuat pada tahun 1928 nampak sedang memegang ponsel

Sebenarnya awal teori katanya ada time traveler atau penjelajah waktu di film Charlie Chaplin berawal dari menampakkan gambar seseorang berbicara dengan benda mirip ponsel di cuplikan film komedian Charlie Chaplin yang dibuat tahun 1928, Padahal jelas pada masa itu, belum ada satupun ponsel/handhone diproduksi.

Adegan aneh ini ditemukan oleh sutradara asal Irlandia, George Clarke. Clarke yang penggemar berat Charlie Chaplin keheranan ketika menjumpai adegan seseorang berjalan dan berbicara melalui sebuah perangkat yang amat mirip ponsel.

Memang jika dilihat, adegan itu menampilkan seseorang yang tidak jelas pria atau wanita, mengobrol sambil memegang obyek hitam di telinga. Adegan bersangkutan terdapat dalam menu ekstra DVD film Charlie Chaplin berjudul 'The Circus'. Tayangan ini bukan bagian dalam skenario film, melainkan tayangan orang biasa yang lalu lalang sebelum film dimulai.

Spekulasi berkembang apakah obyek itu ponsel atau bukan. Malah, banyak pendapat orang itu datang dari masa depan ke tahun 1928 dengan mesin waktu. Sebab, sangat tidak mungkin ponsel sudah ada di zaman itu.

"Kesimpulanku yang terdengar konyol adalah dia seseorang yang memakai mesin waktu," tambah George Clarke.

Tetapi Ada juga berita bahwa seseorang itu Gunakan Hearing Aid (alat bantu pendengarannya), Bukan Ponsel berikut beritanya.

'Penjelajah Waktu' Gunakan Hearing Aid, Bukan Ponsel

LAS VEGAS - Jagad maya heboh setelah film bisu Charlie Chaplin yang dibuat tahun 1928 menangkap gambar seorang wanita sedang menggunakan ponsel. Namun hal tersebut langsung dibantah sejumlah ahli dan sejarahwan.

Para pakar menilai apa yang dilihat dalam rekaman film 'The Circus' bukan penjelajah waktu yang disebut-sebut banyak orang tersebut, melainkan tak lebih dari seorang wanita dengan alat bantu pendengarannya (hearing aid).

"Seperti yang Anda tahu, alat bantu dengar mekanis kuno atau beresonansi selalu panjang dan bulat," kata Sejarahwan Philip Skrosk dari Perpustakaan Washington University, seperti dikutip LiveScience, Jumat (29/10/2010).

"Alat bantu pendengar jaman dahulu itu berukuran pendek, berbentuk persegi panjang yang kompak dan tidak biasa. Berbeda dengan hearing aid zaman sekarang yang kecil dan hampir tak terlihat," tambahnya.

Dengan kata lain, apa yang disebut penemu adegan tersebut, George Clarke, sebagai perangkat genggam moderen di tahun 1928 tidak bisa dibuktikan secara ilmiah karena apa yang dilihat berbeda dengan apa yang diimajinasikan oleh pemirasa YouTube abad sekarang.

Memang alat bantu pendengaran di abad ke-19 itu bentuknya seperti terompet telinga dan dibuat masih dalam bentuk yang besar sampai dekade pertama abad ke-20. Lalu, tambah Skroska, pada abad ke-20, bentuk hearing aid masih sama dengan abad 19 meski telah mengadopsi materi plastik.

"Saya berharap wanita (yang terekam) itu berusia lebih dari 50 tahun karena hal itu akan meyakinkan analisa saya jika wanita itu menggunakan rancangan akhir abad ke-19 pada tahun 1928. Sehingga tidak akan bertentangan dengan apa yang saya pikir," kata Skroska.

Terlebih alat bantu elektronik sudah ada pada jaman Perang Dunia II, namun memang digunakan oleh orang-orang terbatas, sehingga jumlahnya pun tak terlalu banyak. Artinya hanya orang-orang kaya yang mampu memilikinya.

"Tapi saya rasa cukup adil untuk mengatakan itu akan menjadi penilaian terburu-buru ketika mengabaikan kemungkinan bahwa itu adalah alat bantu dengar ketika dia mengangkat ke telinganya," tandasnya.

Penjelasan ini mungkin kurang menyenangkan dari teori perjalanan waktu, namun setidaknya hal analisa ini menghindari sejumlah besar masalah teoritis dan praktis yang terkait dengan mengirimkan seseorang ke masa lalu.

Hingga saat ini video unggahan Clarke di YouTube yang berdurasi delapan menit 27 detik itu telah dilihat oleh lebih dari 1,8 juta pengunjung. Sebelum mengunggah video, Clarke mengaku telah mengonsultasikan mengenai temuannya ini kepada sekira 100 orang. Dari jumlah tersebut hampir semuanya tidak bisa menjelaskan apa sebenarnya yang sedang dipegang oleh wanita dalam video itu.

.http://techno.okezone.com/read/2010/10/29/56/387734/penjelajah-waktu-gunakan-hearing-aid-bukan-ponsel

Nah Bagaimana Menurut Anda ? percaya atau tidak dengan time traveler atau penjelajah waktu?


Related Posts by Categories



  1. 2 comments: Responses to “ Penjelajah Waktu di Film Charlie Chaplin Tahun 1928 ”

  2. By Anonymous on March 25, 2012 at 2:33 PM

    saya mungkin bukan ahli sejarah atau apalah namanya itu.
    tapi saya senang mengkaji hal-hal seperti contoh diatas.
    kalau menurut saya itu bukan telepon genggam, melainkan sebuah radio komunikasi buatan tahun 1921-1928.

  3. By Anonymous on March 25, 2012 at 2:39 PM

    saya mungkin bukan ahli sejarah. Tapi saya senang mengkaji hal-hal seperti contoh diatas. Kalau menurut saya itu bukan telepon genggam, melainkan sebuah radio komunikasi buatan tahun 1921-1928.(Awal penemuan telepon seluler dimulai pada tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah. Kemudian, pada tahun 1928 Kepolisian Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2 MHz. pada perkembangan selanjutnya, radio komunikasi berkembang menjadi dua arah dengan ‘’frequency modulated ‘’(FM).)

Post a Comment