Redenominasi Rupiah Adalah - Pengertian Redenominasi

Written by admin on Wednesday, August 04, 2010

Apa itu Redenominasi Rupiah - arti Redenominasi dan Pengertian Redenominasi? beberapa hari ini kata-kata Redenominasi Rupiah jadi berita di tv? karena gak ada latar belakang tentang ekonomi apapun bingung juga bocahiseng ini? di tv sendiri bikin judul "Rupiah Di pangkas" emang rambut kali? apa yang dipangkas? oke dari pada kita langsung berburuk sangka sama pemerintah mending kita tahu apa arti Redenominasi Rupiah dulu? mungkin artikel dari tempointeraktif ini bisa membantu anda memahami Redenominasi ini.

Redenominasi Rupiah Adalah

Inilah Beda Redenominasi dengan Sanering

Untuk mencegah salah pengertian antara redenominasi dengan sanering, Bank Indonesia menjelaskan perbedaannya secara rinci. Begini rinciannya.

1. Pengertian.

Redenominasi adalah menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misal Rp 1.000 menjadi Rp 1. Hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat tidak berubah.

Sanering adalah pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang. Hal yang sama tidak dilakukan pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat menurun.

2. Dampak bagi masyarakat.

Pada redenominasi, tidak ada kerugian karena daya beli tetap sama.

Pada sanering, menimbulkan banyak kerugian karena daya beli turun drastis.

3. Tujuan

Redenominasi bertujuan menyederhanakan pecahan uang agar lebih efisien dan nyaman dalam melakuan transaksi.Tujuan berikutnya, mempersiapkan kesetaraan ekonomi Indonesia dengan negara regional.
Sanering bertujuan mengurangi jumlah uang yang beredar akibat lonjakan harga-harga. Dilakukan karena terjadi hiperinflasi (inflasi yang sangat tinggi).

4. Nilai uang terhadap barang.

Pada redenominasi nilai uang terhadap barang tidak berubah, karena hanya cara penyebutan dan penulisan pecahan uang saja yang disesuaikan.
Pada sanering, nilai uang terhadap barang berubah menjadi lebih kecil, karena yang dipotong adalah nilainya.

5. Kondisi saat dilakukan.

Redenominasi dilakukans saat kondisi makro ekonomi stabil. Ekonomi tumbuh dan inflasi terkendali.
Sanering dilakukan dalam kondisi makro ekonomi tidak sehat, inflasi sangat tinggi (hiperinflasi).

6. Masa transisi

Redenominasi dipersiapkan secara matang dan terukur sampai masyarakat siap, agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.
Sanering tidak ada masa transisi dan dilakukan secara tiba-tiba.

7. Contoh untuk harga 1 liter bensin seharga Rp 4.500 per liter.

Pada redenominasi, bila terjadi redenominasi tiga digit (tiga angka nol), maka dengan uang sebanyak Rp 4,5 tetap dapat membeli 1 liter bensin. Karena harga 1 liter bensin juga dinyatakan dalam satuan pecahan yang sama (baru).

Pada sanering, bila terjadi sanering per seribu rupiah, maka dengan Rp 4,5 hanya dapat membeli 1/1000 atau 0,001 liter bensin.

***

Lagi pula Redenominasi ini belum pasti laksanakan bisa jadi bisa juga tidak? karena ini masih merupakan study yang dilakukan bank indonesia tapi denger-denger Proses Redenominasi Rupiah Dimulai 2013, masih lamakan.

Saya sendiri menangkapnya kalau ini dilakukan misal kalau mau beli Blackberry Torch dengan harga Rp 5.000.000 (ini contoh, harga Blackberry Torch belum tahu berapa) dengan hasil redenominasi rupiah kita bisa bawa pulang dengan harga Rp 5.000 :D apakah lebih murah gak sama aja karena Karena harga blackberry juga dinyatakan dalam satuan pecahan yang sama (baru). lihat contoh harga 1 liter bensin pada no.7.

Bagaimana Sudah Tahu arti Redenominasi? yah semoga tulisan diatas dapat membantu anda memahami arti kata redenominasi.


Related Posts by Categories



  1. 4 comments: Responses to “ Redenominasi Rupiah Adalah - Pengertian Redenominasi ”

  2. By bolehngeblog on August 4, 2010 at 2:08 PM

    yang jelas, redenominasi harus dilakukan dengan betul dan seksama jangan meniru tindakan Pak Soekarno dulu yang dianggap tidak tepat

    salam,
    Bolehngeblog

  3. By Anonymous on August 4, 2010 at 2:28 PM

    @Bolehngeblog

    dulu itu sanering kayanya dehhh bukan Redenominasi ??

  4. By Anonymous on August 15, 2010 at 11:30 AM

    woi thx yo

  5. By Ken on October 2, 2010 at 12:39 AM

    Mama Viviet mau uang Rp.25000.000.- sama Orangnya

Post a Comment