Lomba Gambar Sketsa Karikatur Nabi Muhammad di Facebook

Written by bocahiseng on Friday, May 21, 2010

foto karikatur terbaru nabi muhammad facebookLomba Gambar Sketsa Karikatur Nabi Muhammad di Facebook - duh apalagi nih di facebook rame-rame, yah kali ini facebook kembali digunakan oleh orang yang tak tanggung jawab, Sebuah grup di facebook bertajuk 'Everybody Draw Mohammed Day!' menginformasikan soal lomba membuat gambar Sketsa Karikatur Nabi Muhammad tersebut. Lomba akan digelar pada 20 Mei 2010.

"May 20th 2010 is draw Mohammed day! Help spread knowledge about this important day - invite your friends!" demikian informasi yang tertulis di laman group tersebut. Grup ini dibuat sejak 25 April

Grup tersebut memang cukup kontroversial, karena menyerukan pengguna internet untuk berlomba-lomba menggambar Nabi Muhammad. Reaksi dari berbagai kalangan pun muncul, mulai dari yang menginginkan Facebook diblokir hingga yang meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi.

Menurut Berita Pemerintah Pakistan memutuskan memblokir situs jejaring sosial facebook, terhitung Rabu (19/5) hingga 31 Mei mendatang. karena group facebook tersebut. Tak hanya memblokir, para pengguna internet di Pakistan juga menyerukan memboikot penggunaan facebook. Selain facebook di pakistan juga Mereka telah memerintahkan seluruh penyedia jasa internet menutup Facebook dan Youtube.:(

facebook lomba karikatur nabi muhamad foto

Sedangkan di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia meminta Kementerian Informasi dan Komunikasi mencekal alamat halaman facebook tersebut. bisa juga

Berikut adalah 4 langkah pemerintah Indonesia yang dikutip dari detikINET dalam keterangan pers, Kamis (20/5/2010):

  • Kemenkominfo mengirimkan surat protes kepada pengelola Facebook untuk menutup akun tersebut.
  • Memblokir address cabang account (URL) dari 'Everybody Draw Mohammed Day' melalui massive trust di Indonesia.
  • Meminta penyelenggara internet (ISP/Internet Service Provider) untuk ikut memblokir akun tersebut, karena melanggar UU No.36/1999 pasal 21 tentang telekomunikasi dan UU No.11/2008, pas 28 ayat 2, tentang ITE perihal pelarangan menyebarkan informasi kebencian dan permusuhan terhadap individu atau masyarakat, atas dasar suku, agama dan ras.
  • Mengajak Asosiasi Pengusaha Warnet Indonesia (AWARI) untuk memblokir situs tersebut.

Tetapi rasanya sayang jika di indonesia facebook di blokir atau dilarang hingga tidak bisa di akses:D karena ulah pembuat group ini, mungkin salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah bagaimana caranya menghapus group yang bermasalah itu saja, dengan cara melaporkan pihak facebook dan memintanya untuk menghapus Group tersebut berikut caranya

  • Kunjungi Facebook
  • Masukkan kata kunci 'Draw Mohammed Day' pada kotak pencarian atau link berikut

.http://www.facebook.com/pages/Everybody-Draw-Mohammed-Day/121369914543425

  • Kunjungi halaman grup 'Draw Mohammed Day'
  • Scroll ke bagian paling bawah dari halaman itu
  • Cari dan Klik 'Report Page' yang berada di sisi kiri halaman
  • Pada kotak yang muncul, Pilih alasan melaporkan, tentunya yang cocok di sini adalah: 'Racist/Hate Speech'
  • Klik Submit

Jika cukup banyak yang melaporkan, bukan tidak mungkin Facebook juga akan menutup grup 'Draw Mohammed Day' karena bertentangan dengan Aturan Penggunaan situs jejaring sosial itu.

Semoga kita tak cepat terprovokasi dan semoga infonya berguna dan jangan lupa yang punya ikutan juga melaporkan group tersebut biar cepat di banned atau dihapus dari facebook.

dikutip dari berbagai sumber :D


Related Posts by Categories



  1. 3 comments: Responses to “ Lomba Gambar Sketsa Karikatur Nabi Muhammad di Facebook ”

  2. By Gambar Nabi di Facebook on May 21, 2010 at 2:36 AM

    Gambar Nabi di Facebook
    Pendiri Minta Maaf pada Umat Muslim
    Fitraya Ramadhanny - detikinet

    Jakarta - Grup Facebook 'Everybody Draw Mohammed Day' diprotes di berbagai belahan dunia karena menghina umat Islam. Kartunis Seattle yang menelurkan ide lomba itu pun kini menyesali perbuatannya.

    Molly Norris adalah kartunis asal Seattle, AS, yang pertama kali mempublikasikan poster lomba gambar Nabi Muhammad ini di situs pribadinya. Tujuannya adalah membela film kartun South Park khususnya episode ke 201 yang disensor stasiun televisi Comedy Central, karena menampilkan adegan Nabi Muhammad yang memakai kostum beruang.

    Publikasinya ini kemudian disambut publik AS dengan grup Facebook bertajuk sama. Grup yang tidak diketahui pembuatnya ini kemudian menimbulkan protes dunia internasional.

    "Saya meminta maaf kepada umat Islam. Saya tidak membuat grup Facebook lomba kartun itu. Yang membuat adalah orang lain," kata Norris dalam situs pribadinya seperti dikutip detikINET, Kamis (20/5/2010).

    Menurut Norris dia hanya membuat kartun terkait pelarangan salah satu episode kartun South Park. Namun dia sama sekali tidak menduga kartunnya dipublikasikan secara luas bahkan menjadi semacam gerakan di Facebook.

    "Saya sangat kaget. Tujuan awalnya hanya terkait penyensoran dari Comedy Central, tapi akibatnya malah menghina Muslim yang tidak ada kaitannya dengan ini," jelas dia.

    Norris berpendapat penyensoran dari Comedy Central melanggar hak asasi berpendapat. Tapi, dia juga mengaku lalai bahwa kartunnya pun melanggar hak asasi beragama umat Muslim.

    "Gambar itu menghina umat Muslim yang bahkan tidak mengganggu hak asasi kita untuk berpendapat," pungkasnya.
    ( fay / eno )

  3. By Fans Page Akun Sketsa Nabi Dienyahkan on May 21, 2010 at 2:48 PM

    Updated
    Fans Page Akun Sketsa Nabi Dienyahkan

    Facebook akhirnya menjawab serbuan protes umat muslim dunia terhadap kehadiran akun yang mengandung konten sketsa Nabi Muhammad SAW di situs jejaringnya. Saat ini, fans page dari akun terlarang itu sudah dienyahkan.

    Dalam penelusuran detikINET, Jumat (21/5/2010) pagi, kehadiran fans page akun yang bernama Everybody Draw Mohammed Day itu kini sudah tak terdeteksi lagi di Facebook.

    Hanya saja, event page yang isinya mengajak para pengguna Facebook untuk meramaikan gambar sketsa yang sedianya dilakukan pada 20 Mei lalu, masih ada.

    Sementara ketika coba digali lebih lanjut di fitur pencarian, akun-akun yang muncul hanyalah beberapa akun perlawanan yang menolak kehadiran akun tersebut. Seperti AGAINST "Everybody Draw Mohammed Day!, Everybody who is against the "Draw Mohammed Day", serta Close group " Everybody Draw Mohammed Day".

    Tidak diketahui dengan jelas sejak kapan Facebook menutup fans page kontroversial tersebut. Namun yang pasti, respon positif dari situs milik Mark Zuckerberg ini patut diapresiasi dan diharapkan menyeluruh.

    Pemerintah Indonesia sendiri, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya telah menyatakan 4 sikap tegasnya menanggapi kejadian ini. Salah satu sikapnya adalah memerintahkan penyelenggara internet (ISP) untuk memblokir akun bernama 'Everybody Draw Mohammed Day' tersebut.

  4. By kumpulan artikel on May 25, 2010 at 5:05 PM

    nah, kacau juga orang2 ntuh yah...
    apa kaga ada kerjaan laen apa? langkah pemerintah udah cukup baik..

    kalau facebook sendiri tampaknya jg cukup arif.. cuman itu lho, orangnya yang bikin fan page koq nggak di apa2in... harusnya di tuntut tuh menghina dan melecehkan agama

Post a Comment