Siapa Ruby Alamsyah

Written by bocahiseng on Tuesday, January 26, 2010

Siapa Ruby Alamsyah Siapa Ruby Alamsyah ? Beberapa hari ini Nama Ruby Z Alamsyah sedikit menyita perhatian dia banyak diwawancarai media terkait aksi pembobolan ATM yang terjadi di sejumlah bank. Ruby Alamsyah Juga memperagakan bagaimana penjahat melakukan aksi pembobolan dengan modus penggandaan kartu ATM Di televisi. Hingga namanya makin dikenal, Namun, aksi peragaan Ruby justru menimbulkan kontroversi.

Dimana Pakar telematika yang juga Wakil Ketua Komisi I DPR, Roy Suryo malah menuding Ruby telah memberikan contoh bagaimana melakukan aksi kejahatan di ATM. Sudah begitu, apa yang dilakukan Ruby di televisi tidak meminta izin terlebih dahulu kepada bank pemilik ATM.Kepolisian juga melaporkan ahli Teknologi Informasi (IT) dan Digital Forensik kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena dianggap mengajarkan kejahatan di televisi.

Lihat Video Demo Pembobolan ATM Ruby Alamsyah Yang Disiarkan televisi.

Siapa sesungguhnya Ruby Alamsyah?

Ruby selama ini dikenal sebagai ahli forensik kejahatan teknologi informasi. Dia pernah dimintai bantuan oleh Kepolisian untuk menangani sejumlah kasus kejahatan teknologi informasi. "Saya Ruby Alamsyah, tidak pernah menyebut diri sebagai ahli Teknologi Informasi dari Markas Besar Kepolisian Indonesia (Mabes Polri)," kata dia saat dikonfirmasi VIVANews, Senin, 25 Januari 2010.

Sebagai pakar forensik digital, Ruby pernah menjadi saksi ahli sejumlah kasus di pengadilan. Di antaranya adalah saksi ahli terkait transkrip rekaman percakapan yang diduga suara milik Antasari Azhar, mantan Ketua KPK. Dia juga menjadi saksi ahli dalam kasus Prita Mulyasari versus Rumah Sakit Omni.

Sebagai konsultan teknologi informasi, Ruby merupakan Direktur di PT Jaringan Nusantara, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Sebelumnya, dia pernah bekerja sejumlah perusahaan lain seperti PT NTT Indonesia, Siemen Indonesia dan PT Metrodata Electronics Tbk.

Ruby menjadi anggota dari Asosiasi Investigasi Kejahatan Teknologi Tinggi Internasional (HTCIA). Selama 10 tahun berpengalaman di keamanan teknologi informasi, Ruby dikenal aktif sebagai pembicara dan trainer untuk keamanan IT di Indonesia dan Asia.

Dia meraih pendidikan master bidang teknologi informasi dari Universitas Indonesia, serta pendidikan di Universitas Gunadarma. Dia memiliki keahlian sebagai digital forensik, saksi ahli, trainer keamanan IT, investigator swasta, serta pakar jaringan internet.

Jadi Apakah benar tindakan Ruby Alamsyah itu tidak tepat dan mengajarkan masyarakat untuk melakukan itu ? namun pihak YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) menilai penjelasan ahli forensik IT Ruby Alamsyah mengenai pembobolan rekening diperlukan. Hal itu bagian dari edukasi ke publik agar masyarakat lebih berhati-hati bertransaksi lewat ATM. ?

Sebelumnya Roy Suryo mengaku telah mengirimkan SMS kepada sejumlah pihak yang mempertanyakan tindakan Ruby Alamsyah memeragakan penggunaan ATM bodong di televisi. Roy beranggapan semestinya Ruby tidak mempraktekkan cara penggunaan ATM bodong karena bisa dicontoh orang yang ingin berbuat jahat.

Dan kini ada kasus Ruby Alamsyah vs Roy Suryo yang semakin meluas saja hingga kepada komunitas pengguna internet di Indonesia. seperti di facebook, twitter dan blog dan dari Sebagian banyak komunitas itu mendukung upaya Ruby Alamsyah dalam mengungkap modus operandi dalam kasus pembobolan mesin ATM tersebut.

Karana Mereka berharap dengan demo yang dilakukan ruby alamsyah tersebut, para pihak yang terkait segera dapat memperbaiki pelayanannya agar tidak ada lagi masyarakat yang dirugikan dengan kejadian tersebut.


Related Posts by Categories



  1. 0 comments: Responses to “ Siapa Ruby Alamsyah ”

Post a Comment