Kontroversi Film 2012

Written by bocahiseng on Tuesday, November 17, 2009

Kontroversi Film 2012 ? 2012 movie mungkin saat ini boleh dibilang film paling laris di dunia dan mungkin juga di indonesia? karena pada mau ngerasain kiamat kali yahh ?? gak ding, mungkin pada penasaran bagaimana terjadi kiamat yang katanya akan terjadi pada tahun 2012 nanti? tetapi film 2012 ini terus menuai kontroversi. dimana MUI Kabupaten Malang, Jawa Timur, bahkan melarang masyarakat menonton film yang menggambarkan hari kiamat ini. Menurut MUI Malang, film ini tidak bermanfaat, dapat menggoyang iman, dan menyesatkan.

film kiamat 2012 movie
Poster 2012 Movie

Film 2012 Menuai Kontroversi

Sejak dirilis di Indonesia, Jumat pekan kemarin, film 2012 terus menuai kontroversi. Film yang menceritakan akhir dunia ini dinilai mendahului kehendak Tuhan.

Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malang, Jawa Timur, bahkan melarang masyarakat menonton film yang menggambarkan hari kiamat ini. Menurut MUI Malang, film ini tidak bermanfaat, dapat menggoyang iman, dan menyesatkan.

Ketua MUI Malang Kiai Haji Mahmud Zubaidi mengatakan, film jelas bertentangan dengan tuntunan agama Islam. Sebab tak ada satu pun manusia di bumi ini yang bisa menebak datangnya hari pembalasan, termasuk hari dan tahunnya.

Mahmud menyarankan sebaiknya pemerintah melalui Lembaga Sensor dan lembaga terkait segera merevisi film dan menarik film ini dari peredaran.

Tapi, Ketua MUI Pusat Amidhan punya pandangan berbeda. Dia menilai, cerita "2012" tidak bermasalah. Menurut Amidhan, film dengan tema seperti ini sebelumnya juga pernah beredar di Indonesia.

Film 2012 bercerita mengenai hari kiamat yang diyakini terjadi pada 21 Desember 2012. Meski menemui banyak kecaman, nyatanya penggemar film di Tanah Air terus berbondong-bondong membanjir bioskop yang memutar film ini.(Metrotvnews.com,)

Tetapi Seperti Biasa jika terjadi Kontroversi orang-orang bukan menhindarinya tetapi malah mencari tau dan makin penasaran, seperti saat maria ozawa aka miyabi ada rencana kedatangan ke indonesia, terjadi kontroversi pro dan kontra banyak yang gak setuju karena takut para generasi muda akan mengenal miyabi tetapi ternyata justru kontroversi itu yang membuat DVD, dan video porno miyabi banyak dicari di internet. apakah ini berlaku dengan film 2012 ? yep ternyata berlaku

Kontroversi Jadikan 2012 Film Terlaris

Kehadiran film 2012 masih terus menuai kontroversi. Kenyataannya, 2012 yang baru tiga hari tayang itu berhasil meraup US$225 juta dan predikat film terlaris.

"Film itu tidak pantas untuk ditayangkan, karena dapat mempengaruhi pemikiran orang," kata Ketua MUI Kabupaten Malang KH Mahmud Zubaidi kepada wartawan saat ditemui di rumahnya Jalan Raya Pakisaji, Malang, Senin (16/11).

Mahmud sebagai orang Islam berharap semua muslim mempercayai akan datangnya hari kiamat. Ia pun mengimbau agar tidak mempercayai gambaran kiamat versi bangsa Maya.

"Kapan hari kiamat itu terjadi merupakan kuasa dari Sang Pencipta. Jadi kita tidak boleh menentukan hari itu. Jika ada seperti itu, maka itu menyesatkan," tuturnya.

Berbeda dengan Mahmud, Ketua MUI, Amidhan menganggap film 2012 bukan sebagai masalah besar. Amidhan, Senin (16/11), di Jakarta mengatakan, "Secara pribadi saya tidak masalah, asal film 2012 tidak diasosiasikan dengan hari kiamat. Soalnya, hari terakhir itu tidak ada yang tahu. Film itu juga film fiksi bukan kisah nyata."

Sikap itu yang akhirnya membuat ia dan MUI Pusat belum menentukan mendukung atau mengharamkan 2012. "Kita akan menentukan sikap setelah mengkaji film itu dalam waktu dekat ini," terangnya.

Pro dan kontra juga berdatangan dari kalangan artis. Andi Soraya mewakili kubu melarang 2012 diputar. "Saya setuju larangan itu, karena 2012 menimbulkan ketakutan dan menjadi hal yang negatif," ujarnya saat ditemui di Studio Penta, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (16/11).

Mantan kekasih Steve Emmanuel itu, tak percaya hari kiamat bisa ditentukan kapan kejadiannya. "Yang benar kiamat itu bisa terjadi kapan saja. Tidak bisa ditentukan waktunya. Yang penting sekarang perbanyak amal ibadah," tuturnya.

Tidak demikian halnya dengan Risty Tagor. Bagi cewek cantik bintang sinetron Safa dan Marwah ini, 2012 justru memberi pesan agar kita terus dekat dengan Tuhan. "Film ini kan bisa dijadikan peringatan bagi kita agar lebih dekat dengan Tuhan," paparnya.

VJ Daniel Mananta pun berpikiran sama. Ada sisi positif yang didapatkan film yang dibintangi John Cusack ini. "Film ini memberi pesan. Memberi pesan bahwa kita harus bisa menjaga dunia kita, lebih peduli sama bumi, pdan eduli sama orang lain. Film ini juga memberi pesan, apakah kita siap masuk surga atau neraka," kata mantan kekasih VJ Marissa ini dengan lantangnya.

Pro kontra yang terjadi dan apapun alasannya, 2012 sangat laris ditonton banyak orang di seluruh bioskop Indonesia. Berdasarkan pengamatan INILAH.COM, sampai hari ini (16/11) hampir semua bioskop yang memutar 2012 mampu menjual semua bangku yang tersedia. Mulai dari jam tayang pertama di siang hari, hingga malam hari.

Fantastiknya, film berdurasi 158 menit ini mampu meraih keuntungan US$65 juta selama 3 hari penayangannya di seluruh biokop di Amerika Serikat. Pencapaian yang menghantarkan 2012 sebagai jawara box office, mengungguli 9 film lainnya, Disney's A Christmas Carol ( US$22.3 juta), The Men Who Stare at Goats US$6.2 juta, Precious: Based on the Novel Push by Sapphire US$6.1 juta, Michael Jackson's This Is ItUS $5.1 juta, The Fourth Kind US$4.7 juta, Couples Retreat US$4.3 juta, Paranormal Activity US$4.2 juta, Law Abiding Citizen US$3.9 juta dan The BoxUS$3.2 juta.

Tak hanya sukses di Amerika Serikat, film ini juga laris di 105 negara dunia. Prancis berhasil mengumpulkan US$17.2, Rusia meraup US$15.3 juta, Jerman US$12.4 juta, Cina dengan US$12.3 juta, dan Inggris dengan U$10.8 juta. Jika diakumulasikan dengan negara lainnya, total uang yang terkumpul dari tiga hari penayangannya di seluruh dunia itu sudah mencapai US$225 juta.

Pencapaian itu masih dibawah Harry Potter and the Half-Blood Prince (US$236 juta) dan Spider-Man 3 (US$231 juta). Namun, sepertinya 2012 akan mampu melewati dua film hebat di eranya itu.

Sementara itu, Sony selaku produser pun puas dengan hasil yang ada. "Pencapaian ini jelas mengatakan bahwa Roland Emmerich adalah pembuat film luar biasa yang karyanya bergema di mana-mana. Dia mampu menampilkan gambar, efek khusus, serta cerita yang luar biasa," kata Rory Bruer, dari Sony selaku produser 2012.

"Rasanya benar-benar seperti musim panas. Ini membuktikan 2012 pantas mendapatkan posisi film terlaris," kata Paul Dergarabedian, analis film terlaris dari Hollywood.com [INILAH.COM]

Saya Pribadi sih bagus aja ada film yang mengingatkan kita tentang hari kiamat biar kita menjaga tingkah laku kita menjadi lebih baik, rajin beribadah kalau emang bener kejadian kita dapat mempertanggung jawabkannya, dan juga merawat bumi tempat tinggal kita ini yang semakin hari semakin ternodai (weleh bahasanya)!! jadi intinya sih saya gak setuju sama yang dikatakan sama mui malang :) bolehkan ...


Related Posts by Categories



  1. 22 comments: Responses to “ Kontroversi Film 2012 ”

  2. By Cengeng-ngesan T_^ on November 17, 2009 at 5:27 AM

    hari kiamat hanya Allah SWT yg tahu. kita tetap waspada
    -
    myblog4famouser.com

  3. By Ini Kontroversi film 2012 menurut MUI on November 17, 2009 at 4:05 PM

    Ada Tiga Kontroversi dalam Film 2012

    Film 2012 yang digembar-gemborkan menggambarkan mengenai kiamat, menjadi kontroversial. Dalam kacamata Majelis Ulama Indonesia (MUI), setidaknya ada tiga poin kontroversi di dalam film tersebut.

    Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Amidan saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Selasa (17/11/2009).

    Pertama, para ulama tidak setuju jika hari kiamat divisualisasikan. Kedua, hari kiamat dalam versi Islam itu tidak ada yang selamat. "Tidak sama seperti yang digambarkan di dalam film tersebut," katanya.

    Dia melanjutkan, dalam ajaran agama Islam tidak ada yang bisa memprediksi datangnya hari kiamat. Tidak seperti yang diramalkan akan datang tahun 2012. "Itu rahasia tuhan, hanya Dia yang tahu," katanya.

    Yang ketiga, jangan sampai ada propaganda untuk mendeskreditkan agama tertentu melalui film ini. Karena, menurut Amidan di dalam film tersebut digambarkan masjid runtuh, akan tetapi ketika manusia masuk gereja selamat.

    "Seharusnya LSF memotong yang bagian masjid itu, jangan ditampilkan. Karena kalau gereja selamat, itu kan wajar karena dibuatnya di Hollywood. Jika di Indonesia kan Masjid. Misalnya bencana tsunami di Aceh, masjid selamat itu kan real ," pungkasnya.

    Karenanya, dia mengimbau kepada masyarakat bahwa bagaimana pun film 2012 hanyalah fiksi belaka dan bukan kenyataan, sebagaimana yang digembar-gemborkan. "Kiamat adalah rahasia Allah," pungkasnya.

    (uky)

  4. By Pasang Iklan on November 17, 2009 at 4:46 PM

    ramalana tentang kiamat yang akan datang pada 21 desember 2012 memang sedang hangat2nya dibicarakan dimedia cetak dan elektronik
    bahkan film tentang kiamat 2012 pun sudah ditayangkan diseluruh dunian,bahkan di indonesiapun sudah ditayangkan...

    percaya pada hari kiamat memang telah tertulis dalam rukun iman
    tapi kita yang hanya manusia biasa tidak akan pernah tau apan hari iamat itu akan datang...
    entah itu hari ini, esok atau kapan pun.
    jika Allah telah berkehendak.
    maka terjadilah... "kunfayakun"

    kita sebagai umat yang beragama tentunya jangan mudah percaya dengan hal2 semacam ini
    semoga saja isu ini bisa hilang dengan sendirinya.


    Iklan

  5. By Anonymous on November 17, 2009 at 8:44 PM

    Disadari atau tidak, kita sudah mengalami kiamat dari semenjak kita lahir. Seperti: bertambahnya usia, kepekaan indra-indra semakin berkurang (penglihatan semakin kabur, pendengaran gak bagus, gigi mulai ompong, dll). Nah itu butinya bahwa kiamat itu sudah kita alami setiap saat. Itulah kuasa Tuhan, karena kita ini mahlukNya yang tidak sempurna dan yang kekal adalah perubahan.

  6. By Anonymous on November 18, 2009 at 1:28 PM

    MUI Riau: Film Kiamat 2012 Menyesatkan!

    PEKANBARU - Film Kiamat 2012 yang saat ini menuai kontroversi itu menurut agama Islam adalah sesuatu yang menyesatkan umat muslim.

    Ketua Majelis Indonesia (MUI) Riau Mahdini menilai film animasi 2012 yang saat ini banyak diputar di Bioskop seolah-olah begitulah kejadian kiamat melangkahi kekuasaan Allah SWT.

    "Tidak adapun seorang manusia di dunia ini bisa membayangkan tentang hari kedahsyatan kiamat. Jadi jika ada film seperti 2012 itu seperti kejadiaanya adalah hal yang menyesatkan," kata Mahdini dalam perbincangan dengan Okezone.

    Hari kiamat dalam Alquran yakni Surat Al Qari'ah dan surat Al Zaljalah katanya, dijelaskan bahwa kedahsyatan hari kimat oleh Allah digambarkan akan terjadi goncangan yang amat dahsyat.

    Gunung-gunung akan berterbangan seperti kapas, bumi akan memuntahkan semua isinya. Manusia mati akan keluar dari kuburnya secara berkelompok dan manusia berada dalam keadaan kebingungan.

    "Kita berharap agar umat islam jangan sampai terjerumus kedalam kesesatan. Dan sekali lagi kedasyatan hari pembalasan itu tidak akan dibayangkan," katanya.

    Untuk warga Riau sendiri, MUI meminta agar tidak menonton fil hari kiamat tersebut. Apalagi dalam film itu dijelaskan bahwa tanggal bulan dan tahun sudah ditetapkan.

    "Film itu sudah jauh menyimpang, karena tidak satupun umat didunia ini yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Dan peran guru,orang tua dalam hal ini sangat diperlukan. Dan saya menduga flim ini dibuat orang barat untuk mendangkalkan qaidah keimanan kita," imbaunya.

    (http://celebrity.okezone.com/ read/2009/11/18/206/276797/ mui-riau-film-kiamat-2012-menyesatkan)

  7. By Anonymous on November 18, 2009 at 1:36 PM

    Ratusan Murid SD di Bogor Bakar DVD Film 2012

    BOGOR - Pro-kontra beredarnya film 2012 terus bermunculan. Tidak hanya di kalangan para ulama, ratusan siswa SD Kemang Bogor, tidak mau ketinggalan.

    Mereka melakukan aksi kecamannya dengan cara membakar DVD film 2012. Selain itu, para siswa juga membakar gambar-gambar yang berjudul 2012.

    Menurut Rifki, pelajar SD Kemang Bogor, hari kiamat bukan ditentukan oleh manusia. Namun hari kiamat merupakan rahasia Tuhan.

    "Tidak ada yang tahu tentang hari kiamat termasuk nabi dan malaikat sekalipun," ujarnya di sela-sela aksi yang digelar di halaman sekolah, Rabu (18/11/2009).

    Setelah melakukan aksi selama satu jam, para siswa ini langsung menggelar doa untuk keselamatan bersama.

  8. By Anonymous on November 18, 2009 at 6:54 PM

    cma film aja di anggap beneran... aneh.....

  9. By Nugraha on November 19, 2009 at 8:28 AM

    (Bocah Iseng :"jadi intinya sih saya gak setuju sama yang dikatakan sama mui padang :) bolehkan ...")
    Yang betul, MUI Malang atau Padang,mas ?

  10. By Anonymous on November 19, 2009 at 12:56 PM

    MUI Anggap '2012' Propaganda Agama Tertentu


    Jakarta - Film garapan Roland Emmerich '2012' menampilkan kehancuran beberapa bangunan tempat ibadah. Majelis Ulama Indonesia pun menilai hal itu sebagai sebuah proganda agama tertentu.

    "Film itu misi terselubung atau propaganda dari agama tertentu," ujar Amidhan, ketua MUI saat bincang-bincang dengan detikhot lewat telepon, Rabu (18/11/2009).

    Amidhan mengungkapkan '2012' sebuah propaganda karena menampilkan visual bangunan yang mirip mesjid hancur. Sementara, di sisi lain bangunan gereja tidak dihancurkan oleh sang sutradara. Sekedar informasi, bangunan berkubah di film itu adalah St Peter's Basilica yang berada di Vatikan.

    "Ada gambar kubah yang hancur," jelas Amidhan yang sudah menyaksikan langsung film tersebut.

    Pernyataan Amidhan itu pun berlawanan dengan pengakuan sang sutradara Roland Emmerich. Dalam wawancaranya dengan Guardian beberapa waktu lalu, Roland mengaku tidak berani menghancurkan simbol agama Islam di film garapannya.

    Awalnya sutradara asal Jerman itu memang berniat untuk menampilkan visual kehancuran simbol-simbol penting di dunia termasuk Ka'bah. Namun Roland mendapat peringatan dari penulis naskahnya kalau ia tidak bisa melakukannya dengan simbol agama Islam.

    "Penulis naskah Harald Kloser bilang kalau kamu melakukannya pada simbol itu kamu bisa terkena fatwa," ujar Roland.

    (http://movie.detikhot.com/read/2009/11/18/161030/1244197/620/mui-anggap-2012-propagandakan-agama-tertentu)

  11. By jemiro on November 19, 2009 at 3:38 PM

    saya sih ga bisa bilang benar atau salah, yang jelas, bagaimana tiap orang yang menonton menyikapinya saja :)

  12. By Anonymous on November 19, 2009 at 3:54 PM

    Aduh orang Indo tuh anehhhhhhhhhhhhh yaaaa? yang beginian diurusin ....urus aja yang penting2........
    lagian itu kan cuma film .....urusan bener kiamat atau ngga ya terserah Tuhan.....
    kalo ga suka ya gak usah nonton, susah amat..............
    emang dasar orang Indo itu goblooooooookkkkk!!!!!!

  13. By ifachan on November 19, 2009 at 6:59 PM

    Ada-ada aja , orang Indonesia ini ..

    :::
    .... versi Islam itu tidak ada yang selamat. "Tidak sama seperti yang digambarkan di dalam film tersebut," katanya.
    :::

    loh? memang ada yang mengatakan bahwa film 2012 itu menggambarkan hari kiamat?

    lagian, kalau bisa mengambil pelajaran positifnya, yah, kita bisa membayangkan bahwa kejadian di dalam film itu baru merupakan kiamat SUGRO, bagaimana dengan kiamat KUBRO? (hanya Allah yang tahu) Pada akhirnya, kita akan berfikir, untuk mulai bertaubat.

    Dan di film tersebut, juga digambarkan bagaimana seorang presiden yang tidak akan meninggalkan rakyatnya dalam keadaan apapun, juga orang-orang yang berusaha sekuat tenaga untuk menolong kerabat mereka, bahkan ada pula orang yang ingin menyelamatkan semua orang yang ada di tempat tersebut, seperti pekerja-pekerja yang ada di sana.

    Kenapa kita gak memetik makna positif nya saja ?
    Haruskah film ini menjadi kontroversi ?


    ps :
    kok ga bisa blockquote ya ?

  14. By Anonymous on November 20, 2009 at 2:09 PM

    hari kiamat hanya allah yg tau...bhkan nabi terakhir Muhammad pun gx tau kpan terjadinya kiamat

  15. By Anonymous on November 20, 2009 at 2:23 PM

    Setahu saya TIDAK ADA visual yang menampilkan mesjid yang hancur....yang ada juga bangunan kubah Basilica St. Petrus yang hancur menimpa para Kardinal dan Uskup serta umat Kristiani yang sedang berkumpul untuk berdoa.

    Lagipula kenapa sih hanya film aja kQ diperdebatkan???

    Seharusnya kalau kita memang umat yang beriman, kita bisa memetik segi positifnya dari film tersebut.

    Secara tidak langsung KITA ITU SUDAH DIPERINGATKAN......!!!!!

    Beware of global warming....save our planet...
    Peace....

  16. By Anonymous on November 22, 2009 at 4:47 PM

    MUI Jatim Himbau Warga Tidak Nonton '2012'

    Surabaya - Cerita dalam '2012' makin membuat banyak orang penasaran. Dari hari ke hari antrean orang melihat film tentang kiamat makin membludak di bioskop-bioskop, meski film itu menjadi kontroversi para ulama.

    Meski tidak mengharamkan, namun MUI Jatim mengimbau agar '2012' tidak ditonton. Imbauan itu dikeluarkan karena tidak ada gunanya menonton film bertemakan hari kiamat tersebut.

    "Meski kami tidak mengharamkan, namun secara lisan kami mengimbau agar film itu (2012) tidak ditonton," ujar Ketua MUI Jatim, KH Abdus Shomad Bukhori saat dihubungi detiksurabaya.com, Minggu (22/11/200).

    Alasannya, kata Bukhori, banyak. Film tersebut tidak berdasar karena dalam Islam tidak ada yang mengetahui kapan kiamat itu datang. Kiamat memang akan datang tetapi waktunya kapan, tidak ada yang tahu. Ayat tentang itu banyak terdapat di dalam Al Quran seperti di Surat Al A'raf 187-188, Surat Ibrahim 19 dan masih banyak surat yang lain.

    "Selain itu dengan melihat film tersebut, moral dan akidah bisa jadi rusak karena percaya dengan apa yang orang tidak tahu kapan datangnya," tambah Bukhori.

    Bukhori bahkan mengaku bahwa film tersebut bisa jadi adalah agenda barat yang sekali lagi bertujuan untuk mengacaukan Islam. Seperti diketahui berkali-kali dunia barat merecoki dan menghina umat Islam dengan mengeluarkan bahan-bahan hinaan seperti karikatur Nabi Muhammad, film 'Fitna' dan lain-lain.

    "Barangkali ada misi khusus dari barat. Apa itu maunya," tandas Bukhori.

    Sebelumnya MUI Kabupaten Malang telah mengharamkan film tentang kiamat tersebut. MUI Malang berpendapat film tersebut bisa menyesatkan masyarakat dan tidak layak ditonton.

    (http://movie.detikhot.com/ read/2009/11/22/120000/1246356/229 /mui-jatim-himbau-warga-tidak-nonton-2012)

  17. By Hanaku Tersayang on November 23, 2009 at 3:21 PM

    Aku mendukung keputusan MUI kalau itu menyebabkan masyarakat bisa jadi sesat dan filmnya tidak proporsional

  18. By Andryan on November 24, 2009 at 8:32 AM

    Ada bukti ga kalau di film ini ada Majid yang hancur??? Kok aku ga liat yaaa

  19. By Anonymous on November 28, 2009 at 12:30 PM

    Daripada menentang filmnya, strategi yang lebih penting adalah mendidik masyarakat agar tidak goyah iman mereka, dan jika tidak perlu tidak usah menonton film tersebut. Pernah ada film yang menghebohkan agama Kristen dan Katolik, yaitu Da Vinci Code. Film ini jelas-jelas menghujat kepercayaan mereka. Tetapi strategi yang mereka pakai bukanlah menentang peredaran film-film itu, melainkan mendidik umatnya agar tidak meninggalkan iman mereka. Menentang peredaran sebuah film sebaiknya dilakukan hanya jika dengan jelas film tersebut menghina simbol agama tertentu.

  20. By Anonymous on November 29, 2009 at 7:51 PM

    semua keliru tahu, ada bisnis dikericuhan itu
    dengan seolah olah akan dilarang penayangan, orang oranng jadi panasaran dan pergi nonton sampai sulit kebagian tiket, hasilnya milyaran lho.

  21. By Anonymous on December 3, 2009 at 8:47 PM

    lihat di www.indobestseller.wordpress.com...kalian akan tercengangg

  22. By jack on January 15, 2010 at 3:29 PM

    2012 cuman hiburan.............hanya orang tolol yang anggap itu benar..................................

  23. By Anonymous on March 9, 2010 at 7:12 PM

    tolol sumpah..
    yang ancur tuh Basilika St.Petrus, bukan mesjid!!
    MUI cuma cari2 alesan doang..ga bisa dipercaya..

Post a Comment