Gaji Menteri Naik

Written by bocahiseng on Tuesday, October 27, 2009

Gaji Menteri Naik? wajar gak sih ?? ada yang bilang wajar ada pula yang bilang tidak ? tetapi apa wajar yah kan baru aja dilantik ?? yah Menteri Kabinet Iindonesia Bersatu jilid II SBY Baru dilantik, namun sudah ada usulan untuk kenaikan gaji. dan usulan itu pun terdengar ke masyarakat luas? hingga dianggap tidak wajar dan terasa tidak adil.

menteri minta naik gajiKabar kenaikan gaji yang akan diterima para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II ternyata sudah diterima masyarakat luas. Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara memang tengah mengkaji usulan kenaikan gaji para pejabat negara termasuk menteri.

Apa pendapat masyarakat tentang usulan yang akan diajukan kepada Presiden tersebut? Tiga orang warga Jakarta yang ditemui Kompas.com, Sabtu (24/10), serempak menyatakan penolakannya atas rencana tersebut.

"Menteri-menteri yang baru, pikirkan rakyat dulu deh. Masak belum-belum gajinya udah naik aja, enggak banget deh," kata Terry, mahasiswi semester 6 Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo.

Menurut Terry, kenaikan gaji para menteri dipandang bukan kebijakan yang bijaksana di tengah impitan hidup rakyat yang semakin sulit. Dengan segala fasilitas yang tersedia, apa yang didapatkan para menteri dipandang sudah lebih dari cukup.

Rekan Terry, Lelli, juga mengungkapkan hal yang sama. "Sudahlah, gaji enggak perlu naik lagi. Yang perlu dinaikin gaji buruh. Apalagi, saya dengan mobil dinas juga mau diganti baru. Enak bener ya. Kayaknya selama ini pejabat negara yang sering naik gaji," ujar Lelli.

Ia menyarankan, sebelum menjadi sebuah keputusan, usulan tersebut dipertimbangkan ulang. "Mending dananya buat masyarakat yang kekurangan, bangun gedung sekolah," kata dia.

Jono, seorang sopir pribadi, mengaku miris membaca berita di surat kabar harian beberapa hari ini. "Iya, saya baca berita katanya gaji menteri mau naik. Lah, saya kapan ya? Kayaknya menteri udah cukup fasilitas, gaji besar, dapat pensiun. Kurang apa?" ujar Jono.

Seharusnya, lanjut pria 59 tahun ini, beban hidup masyarakat kecil yang menjadi titik perhatian pemerintahan yang baru. Meskipun kedua anaknya sudah bekerja, Jono mengaku, biaya hidup yang dikeluarkannya setiap hari semakin besar.

"Apalagi seperti saya ini ya. Tidak ada pensiun, kecuali nabung-nabung. Itu pun harus dikirim ke kampung juga, buat ngontrak rumah dan kebutuhan lain. Saya harap, rakyat kecil seperti saya ini yang diperhatikan Pak SBY," ujar Jono, perantau asal Purwokerto, Jawa Tengah, ini.

Harapan tetap tersemat di hati Jono. "Mengubah nasib rakyat memang tidak bisa sehari dua hari. Tapi dengan kesempatan jadi presiden 10 tahun, Pak SBY bisa membuat kehidupan lebih baik," katanya.(kompas)

Saya bingung mau ngomentarin Apa ? masa belum menunjukan hasil kerja sudah mengusulkan kenaikan gaji sih?? naik angkot aja naik dulu baru bayarnya pas turun ? LOH apa hubungannya :)


Related Posts by Categories



  1. 2 comments: Responses to “ Gaji Menteri Naik ”

  2. By Perbandingan Gaji Presiden, Gubernur BI dan Menteri on October 27, 2009 at 1:37 AM

    Rencana kenaikan gaji presiden dan menteri yang saat ini sedang dibahas mendapat kritikan. Seperti apa perbandingan gaji pejabat Indonesia? Gaji tertinggi dipegang Gubernur BI yakni Rp 162,2 juta per bulan. Presiden Rp 62,74 juta perbulan. Sementara menteri Rp 18,64 juta per bulan.

    Data tersebut dilansir Kepala Bagian Anggaran Departemen Keuangan pada 28 Januari 2005. Higga Senin (26/10/2009) belum ada perubahan gaji para pejabat negara. Rencana penyesuaian gaji kini sedang digodok Menneg PAN EE Mangindaan.

    Tidak hanya menteri yang tidak mengalami kenaikan gaji selama kurang lebih 4 tahun itu. Hal itu juga dialami oleh Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR, dan pejabat setingkat menteri seperti Jaksa Agung, Kapolri, dan Panglima TNI.

    Berikut daftar gaji yang dikeluarkan Kepala Bagian Anggaran Departemen Keuangan pada 28 Januari 2005:

    Presiden

    Gaji pokok: Rp 30.240.000
    Tunjangan jabatan: Rp 32.500.000
    Total: Rp 62.740.000

    Wakil Presiden

    Gaji Pokok: Rp 20.160.000
    Tunjangan jabatan: Rp 22.000.000
    Total: Rp 42.160.000

    Menteri Negara, Jaksa Agung, Panglima TNI dan pejabat lain yang setingkat atau disetarakan dengan Menteri Keuangan

    Gaji pokok: Rp 5.040.000
    Tunjangan jabatan: Rp 13.608.000
    Total: Rp 18.648.000

    Ketua DPR

    Gaji pokok: Rp 5.040.000
    Tunjangan jabatan: Rp 18.900.000
    Uang paket: Rp 2.000.000
    Komunikasi Intensif: Rp 4.968.000
    Total: Rp 30.908.000

    Ketua Mahkamah Agung (MA)

    Gaji pokok: Rp 5.040.000
    Tunjangan jabatan: Rp 18.900.000
    Uang paket: Rp 450.000
    Total: Rp 24.390.000

    Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

    Gaji pokok: Rp 5.040.000
    Tunjangan jabatan: Rp 18.900.000
    Total: Rp 23.940.000

    Wakil Ketua DPR

    Gaji pokok: Rp 4.620.000
    Tunjangan jabatan: Rp 15.600.000
    Uang paket: Rp 2.000.000
    Komunikasi Intensif: Rp 4.554.000
    Total: Rp 26.774.000

    Anggota DPR sebagai Ketua Komisi atau Badan

    Gaji pokok: Rp 4.200.000
    Tunjangan jabatan: Rp 9.700.000
    Uang paket: Rp 2.000.000
    Tunjangan kehormatan: Rp 4.460.000
    Komunikasi Intensif: Rp 4.140.000
    Bantuan listrik: Rp 4.000.000
    Total: Rp 28.500.000

    Anggota DPR sebagai Wakil Ketua Komisi atau Badan

    Gaji pokok: Rp 4.200.000
    Tunjangan jabatan: Rp 9.700.000
    Uang paket: Rp 2.000.000
    Tunjangan kehormatan: Rp 4.300.000
    Komunikasi Intensif: Rp 4.410.000
    Bantuan listrik: Rp 4.000.000
    Total: Rp 28.340.000

    Anggota DPR sebagai Anggota Komisi atau Badan

    Gaji pokok: Rp 4.200.000
    Tunjangan jabatan: Rp 9.700.000
    Uang paket: Rp 2.000.000
    Tunjangan kehormatan: Rp 3.720.000
    Komunikasi Intensif: Rp 4.410.000
    Bantuan listrik: Rp 4.000.000
    Total: Rp 27.760.000

    Sementara itu, gaji Gubernur Bank Indonesia (BI) telah mengalami kenaikan pada tahun 2007 menjadi Rp 162,2 juta per bulan. Sebelumnya, gaji Gubernur BI mencapai Rp 156 juta per bulan.

    Kenaikan gaji juga diterapkan untuk Deputi Gubernur BI yang naik menjadi Rp 136,2 juta per bulan dari sebelumnya Rp 131 juta per bulan.

    Jika dilihat dari kenaikan ini, maka Gaji seorang Gubernur BI dua setengah kali lebih tinggi dari total penghasilan yang diterima Presiden, yang sebesar Rp 62,74 juta per bulan.

  3. By Cerita Lucu on October 27, 2009 at 7:46 PM

    wah wah wah...
    sungguh nikmat sekali rasanya jika mmenjadi menteri...
    selain menerima segala fasilitas yang serba wah.
    belum kerja saja sudah ada rencana untuk menaikan gajinya...

    ckckckck....
    apa jadinya yah jika dalam keadaan seperti ini mendadak isu menaikan gaji para menteri mencuat...
    dalam keadaan yang sangat memperihatinkan saat ini,
    seperti segala bencana alam menimpa negeri ini,
    eh para menteri sedang bermimpi bahwa gajinya akan segera dinakan...

    jika memang benar bahwa gaji menteri dinaikan,
    kita sebagai rakyat jelata hanya bisa berharap kinerjanya lebih ditingkatkan lagi...
    kita mw menolak pun tidak ada gunanya,
    demo panas-panasan puin seakan tidak berguna dan tidak bermanfaat...

    semoga saja kualitas serta kuantitas KIB jilid 2 lebih baik lagi....
    Lirik Lagu Indonesia

Post a Comment