Windows 8 - Mengenal Windows 8

Written by admin on Wednesday, October 31, 2012

Seperti yang anda Ketahui Sistem operasi (OS) terbaru Microsoft Windows 8 baru saja dirilis di Indonesia. Pasti banyak pengguna komputer yang penasaran, termasuk juga saya ini :D, sebenarnya saya pribadi belum menggunakan Sistem Operasi terbaru yang disebut Windows 8 karena berbagai macam hal :D (padahal intinya sih pc yang di pake peknya gak support alias lawas kuat sih kuat tapi .. bisa tertatih-tatih jalannya ).

Windows 8 - Mengenal Windows 8

Oke siapa tau nanti ada rejeki, nah berikut ini informasi-informasi dari berbagai sumber yang saya berhasil dapat semoga saja berguna untuk anda atau saya untuk mengenal Windows 8 ini.

Windows 8 adalah ... 

Windows 8 adalah nama kode untuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.

Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet sentuh.

Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.

Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan di tampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik

Pada 29 Februari 2012 Microsoft juga telah merilis Versi Consumer Preview sebelum di keluarkannya versi beta pada bulan Maret 2012 [5] Microsoft juga telah merilis Versi Release Preview , ini merupakan versi terakhir percobaan Windows 8, yang tidak akan di utak atik lagi jika tidak ditemukan bug yang terlalu besar.

Sejarah Windows 8

Di 2011 Consumer Electronics Show di Las Vegas, Microsoft mengumumkan bahwa akan mensertakan dukungan untuk System-on-(a)-chip (SoC) dan mobile prosesor ARM di Windows 8.

Versi 32-bit Milestone 1, build 7850, dengan tanggal build 22 September 2010, telah bocor ke BetaArchive, sebuah komunitas beta online, yang tidak lama kemudian bocor untuk P2P / jaringan berbagi torrent pada 12 April 2011. Milestone 1 Mensertakan antarmuka 'ribbon' seperti yang dimiliki Microsoft Office 2010 untuk Windows Explorer, sebuah Pembaca PDF yang disebut Modern Reader, pembaharuan task manager yang disebut Modern Task Manager, dan ISO Mounting bawaan.

Versi 32-bit Milestone 2, build 7955, dibocorkan ke BetaArchive pada 25 April 2011. Fitur build ini adalah sebuah 'pattern login' baru dan seterusnya.

Versi 64-bit Milestone 3, build 7959, dibocorkan lagi ke BetaArchive pada 1 May 2011. build ini dianggap penting sebagai bocoran publik pertama Windows Server 8, serta build 64-Bit yang pertama kali bocor.

Pada September 2011, Microsoft mengeluarkan 'Developer Preview' dari Windows 8 Pengembangan 8102 di //build/ Conference

Pada 29 Februari 2012, Microsoft Mengeluarkan versi 'Consumer Preview' (sebutannya beta dari microsoft) dari Windows 8 build 8250. Perubahan yang menonjol dari Developer Preview adalah salah satunya:
  • Logo baru yang didesain oleh Pentagram, Sekarang Menggambarkan bentuk jendela asli sebagai ganti dari logo bendera berkibar dari windows terdahulu.
  • Sekarang Tombol start sudah dihapus seluruhnya. microsoft menyebutkan bahwa 'ini saatnya menu start untuk pensiun dan digantikan oleh Start Screen' (banyak pro dan kontra dari konsumen dengan menolaknya penghapusan tombol start.)di versi ini sekarang penampilan Start Screen dapat diubah dari PC Settings seperti Tekstur dan Warnanya.
  • Perubahan Nama dari Control Panel Menjadi PC Settings.
  • dan lain lain

Pada 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi 'Release Preview' dari Windows 8 build 8400. Perubahan utama dari versi ini yaitu dukungan plug in pada aplikasi IE 10 Windows 8 UI Style dan adanya 3 aplikasi baru Windows 8 UI Style: Sports, Travel, dan News.

Pada 26 Oktober 2012, Microsoft secara resmi merilis Windows 8 dalam acara di kota New York, Amerika Serikat.

Fitur Windows 8

  • Desain aplikasi Windows 8 UI, yang dapat dibuat dari bahasa pemograman apa saja, Seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll.
  • Hilangnya tombol Start (Disukseskan oleh Start Screen dan Charms)
  • Kompatibel dengan Arsitektur Intel, AMD dan ARM (Khususnya Tablet)
  • Kompatibel dengan Perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone
  • Windows Portabel di USB (Windows To Go)
  • Windows Explorer Sekarang Menggunakan Ribbon seperti Office 2010 & 2007 (Tombol menu file seperti Office 2010, tetapi interface menu file explorer seperti office 2007)
  • Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load nya tiap booting.
  • Fitur recovery baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal/default tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
  • Rancangan baru dari Task Manager.
  • Proses Aktifasi Yang Mudah
  • dsb.

wikipedia.com

Windows 8 - Mengenal Windows 8

8 Fakta Seputar Windows 8

Jumat (26/10/2012) Microsoft meresmikan peluncuran Windows 8 di seluruh dunia. Sistem operasi ini mengusung sejumlah perubahan dibanding para pendahulunya, mulai dari tampilan antar muka, cara kerja aplikasi, hingga cara upgrade dan instalasi yang baru.

Nah, untuk mereka yang masih belum familiar dengan Windows 8, rangkaian fakta berikut ini dapat membantu untuk mengenali sistem operasi tersebut dengan lebih baik.

1. Ketersediaan

Windows 8 sudah bisa di-download dari situs resmi MIcrosoft mulai tanggal 26 Oktober 2012. Selain cara online ini, tersedia paket instalasi Windows 8 dalam kepingan DVD tradisional.

2. Harga

Upgrade online Windows 8 tersedia bagi pengguna Windows XP, Vista dan 7. Untuk pengguna yang membeli sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut sebelum 2 Juni 2012, upgrade online Windows 8 dihargai 40 dollar AS.

Untuk pengguna yang membeli sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut antara tanggal 2 Juni 2012 hingga 31 Januari 2013, disediakan diskon upgrade sehingga cukup membayar 14.99 dollar AS saja.

Adapun versi Windows 8 dalam bentuk kepingan DVD dijual 70 dollar AS.

3. Perbedaan antar versi Windows 8

Windows 8: Adalah versi paling dasar yang menyasar kalangan pengguna biasa. Fitur-fiturnya termasuk tampilan Start Screen baru, aplikasi-aplikasi utama seperti Mail, Music, Calendar, Internet Explorer 10, Windows Store, dan desktop.

Windows 8 Pro: Versi ini memiliki semua fitur Windows 8 standar ditambah sejumlah fungsi lain yang berguna untuk power user seperti BitLocker, client hyper-v, domain join, enkripsi file sistem, dukungan group policy, dan remote desktop hosting.

Windows RT: Ini adalah versi Windows 8 yang digunakan di perangkat-perangkat tablet berbasis ARM. Tidak seperti dua versi lainnya, Windows RT tak bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang didesain untuk komputer desktop (x86/ 64). Ia hanya akan menjalankan aplikasi yang diperoleh dari Windows Store saja.

4. Kebutuhan Hardware

Untuk bisa menjalankan Windows 8, sebuah komputer harus memiliki setidaknya:

* Prosesor berkecepatan 1 GHz atau lebih kencang
* RAM sebesar 1 GB untuk versi 32-bit atau 2 GB untuk versi 64-bit
* Ruang hard disk kosong sebesar 16 GB untujk versi 32-bit atau 20 GB untuk versi 64-bit
* Pemroses grafis yang kompatibel dengan DirectX 9

Untuk menjalankan aplikasi yang diperoleh dari Windows Store, pengguna harus memiliki monitor dengan resolusi 1024x768 atau lebih. Resolusi minimal sebesar 1366x768 diperlukan untuk menjalankan fungsi "snap" sehingga aplikasi-aplikasi dari Windows Store lebih mudah diorganisasi.

5. Interaksi dengan Antar Muka Baru

Salah satu perubahan terbesar dalam WIndows 8 adalah dihilangkannya tombol "Start" dari desktop. Sebagai gantinya, Microsoft menyediakan layar "Start Screen" berisi daftar aplikasi-aplikasi yang terpasang di komputer, yang disusun dalam pola kotak-kotak dengan thumbnail (tiles).

Secara umum, interface baru pada Windows 8 lebih cocok dengan notebook dibanding desktop karena touchpad pada notebook menyediakan pilihan input touch gesture -- mirip pada perangkat tablet -- yang bekerja lebih baik pada interface Windows 8 dibandingkan mouse.

Akan tetapi, dengan sedikit penyesuaian, pengguna juga bisa menggunakan mouse untuk bernavigasi dalam Windows 8 tanpa masalah.

6. Toko Aplikasi Windows Store

Dalam Windows 8, pengguna dapat menemukan icon toko aplikasi Windows Store yang mirip dengan Apple App Store pada Mac OS. Dari sini, pengguna bisa men-download aplikasi yang didesain khusus untuk Windows 8.

Pengguna Windows 8 dan Windows 8 Pro bisa menjalankan aplikasi Windows --termasuk aplikasi-aplikasi lama yang didesain untuk windows 7-- dari desktop seperti pada sistem operasi sebelumnya.

7. Sambungan Cloud

Berbeda dari para pendahulunya, Windows 8 dirancang untuk cloud/ Sistem operasi ini menyediakan aplikasi SkyDrive, yaitu layanan cloud storage milik Microsoft secara built-in. SkyDrive juga akan hadir di Microsoft Office terbaru dan akan menjadi tempat penyimpanan default untuk dokumen sehingga pengguna bisa mengaksesnya dari semua jenis perangkat.

8. Perbedaan -dan kesamaan- Windows 8 dan Windows Phone 8

WIndows 8 dan WIndows Phone 8 memiliki beberapa kesamaan dalam hal kernel yang digunakan sehingga aplikasi yang dibuat untuk Windows 8 nantinya juga akan bisa berjalan di Windows Phone 8.

Untuk saat ini hal itu belum terjadi dan kedua sistem operasi masih berdiri terpisah, tetapi Bill Gates, pendiri Microsoft, mengatakan bahwa Windows 8 dan Windows Phone 8 sedang berevolusi menjadi satu platform tunggal.

KOMPAS.com

Fitur-Fitur Unggulan Windows 8

Windows 8 menyajikan pengalaman yang benar-benar baru dengan user interface-nya yang bergaya kotak-kotak.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan Windows 8 yang tidak akan ditemukan pada Windows versi terdahulu.

1. User Interface
Sebenarnya Microsoft tak lagi menggunakan nama 'Metro' untuk tampilan antar muka bergaya kotak-kotak di Windows 8, lantaran tersandung kasus paten. Belakangan tampilan ini disebut sebagai modern UI style.

Pun demikian, seperti kata pepatah 'apalah arti sebuah nama', Windows 8 tetap menarik dan bikin orang penasaran untuk menjajalnya.

Para pengguna Windows 7 ke bawah pasti sudah terbiasa dengan tombol start beserta tombol menunya untuk membuka aplikasi yang diinginkan. Namun jangan harap Anda menemukan tombol start pada Windows 8, karena Microsoft menghilangkan menu tersebut dan menggantinya dengan menu home yang memaparkan sejumlah aplikasi pilihan.

Tampilan modern UI style yang berdesain kotak-kotak ini memang mendongkrak penampilan Windows 8 menjadi terlihat modern.

2. Picture Password
Biasa menggunakan password super rumit untuk mencegah pengguna lain melakukan login ke dalam komputer Anda? Di Windows 8, menggunakan password bukanlah satu-satunya cara untuk melindungi komputer Anda.

Sebab Windows 8 menawarkan metode terbaru untuk login ke dalam komputer. Diberi sebutan picture password karena pengguna dapat menggunakan koleksi gambar pribadinya sebagai password dengan ditambahkan beberapa sentuhan di bagian gambar tersebut, maka gambar dan gesture yang diberikan akan membawa Anda login ke dalam komputer.

3. People's Address Book
Masih ingat fitur address Book Windows? Sayangnya tidak semua pengguna menggunakan fitur ini dan kebanyakan pun lebih memilih menggunakan address book pada perangkat di genggamannya.

Dalam Windows 8 telah tersedia fitur seperti Address Book, Microsoft memberi sebutan People's. Hebatnya, pengguna tidak perlu memasukan satu per satu kontak yang diinginkan pada People's.

Pengguna hanya perlu menghubungkan People's pada akun jejaring sosial miliknya, maka secara otomatis seluruh teman dalam akun jejaring sosial pengguna akan masuk dalam list People's.

4. Layanan Cloud Skydrive
Kebanyakan pengguna Windows biasanya pasti meletakan file pribadinya dalam komputer yang digunakannya, sayangnya file tersebut tidak dapat diakses kapanpun dan dimanapun kita mau.

Salah satu fitur menarik yang ada dalam Windows 8 adalah Skydrive. Ini merupakan aplikasi yang terhubung dengan layanan cloud milik Microsoft. Menariknya aplikasi Skydrive sudah terintegrasi pada kebanyakan aplikasi Windows 8.

Keuntungannya, selain menu save as, pengguna juga akan menemukan menu skydrive di menu. Untuk dapat mengakses Skydrive, pengguna hanya perlu memiliki akun layanan milik Microsoft, seperti hotmail ataupun Live.

5. Windows Store
Masih terdengar asing di telinga pengguna Windows memang. Windows Store adalah layanan online terbaru milik Microsoft. Layanan ini pastinya hanya dapat diaskses melalui komputer yang mengunakan Windows 8, baik melalui komputer atau notebook, tablet, maupun smartphone.

Seperti halnya Apple Store ataupun Google Play, dalam Windows Store berisi aplikasi menarik seperti games dan lain-lain. Bahkan di dalam Windows store telah berisi 50 aplikasi lokal besutan developer dalam negeri.

detikinet.com

VIDEO IKLAN WINDOWS 8 - Lenka Everything at Once Windows 8



Kelebihan dan Kekurangan Windows 8 di Mata Developer

Microsoft resmi merilis sistem operasi terbarunya, Windows 8, Jumat (26/10/2012). Pengembang aplikasi (developer) menyambut hangat kedatangannya, yang diyakini membawa angin segar dalam hal pengembangan maupun bisnis. Kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada di Windows 8?

Microsoft kini membuka toko aplikasi online di Windows 8, yang diberi nama Windows Store. Dengan adanya toko aplikasi online ini, para pengguna diharapkan tertib mengunduh aplikasi dari Windows Store. Ini memudahkan developer dalam mengontrol aplikasi mereka.

Yusak Setiawan dari TigaBelas Technology mengatakan, Windows Store membuka peluang bagi developer Indonesia untuk menembus pasar global. Microsoft telah membuka pendaftaran akun Windows Store sejak Agustus 2012 . Agar sebuah aplikasi masuk ke Windows Store, dibutuhkan penilaian yang cukup ketat.

"Ketat memang. Lebih ketat dibandingkan Android. Tapi kalau dibandingkan dengan iOS, masih lebih ketat iOS," kata Yusak.

Agar sebuah aplikasi bisa masuk ke Windows Store, pihak pengontrol dari Microsoft memeriksa terlebih dahulu konten dan kerapihan tampilan antarmuka penggunanya (User Interface/UI). Waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan itu kurang lebih sepekan. Jika UI sebuah aplikasi menyimpang dari ketentuan, bisa jadi tidak lolos.

Selain kategori game, aplikasi yang ingin masuk ke Windows Store, diharuskan mengusung tampilan Windows 8-style UI, mengacu pada desain kotak-kotak seperti bentuk lantai. Tampilan ini sebelumnya akrab disebut Metro Style. Namun, sejak Agustus lalu, Microsoft mengubah nama Metro Style menjadi Windows 8-style UI. Selain itu, developer juga bisa memanfaatkan fitur Live Tile untuk menyajikan konten terkini dan Charm Bar agar aplikasi terkesan lebih hidup dan interaktif.

Windows 8 kini tidak hanya berjalan di PC, tapi juga di tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur x86 dan ARM.

Keberadaan komputer kategori baru convertible, juga membuka peluang bisnis baru bagi developer. Convertible adalah komputer yang bisa difungsikan sebagai tablet ataupun PC. Beberapa produsen komputer membuat komputer yang bisa digeser. Jika dibuka atau digeser ke atas, ia akan berwujud seperti notebook. Tapi jika ditutup atau digeser ke bawah, ia nampak seperti tablet. Ada pula produsen yang membuat tablet, namun disertai dengan dock papan ketik (keyboard).

Vice President Navcore Nextology Farid Zulkarnain berpendapat, komputer convertible menjawab permasalahan pengguna tablet yang selama ini kurang nyaman bekerja dengan sentuhan jari. "Bagaimanapun, banyak orang yang lebih nyaman bekerja dengan keyboard, touchpad, ataupun mouse," kata Farid saat dijumpai KompasTekno beberapa waktu lalu.

Di sinilah tantangan baru bagi developer, bagaimana membuat aplikasi untuk dua modus bentuk fisik, sehingga aplikasi tersebut nyaman digunakan saat convertible difungsikan sebagai tablet maupun PC.

Kekurangan

Sejak windows 8 hadir, Microsoft menginginkan agar semua aplikasi (kecuali game) dapat mengadopsi tampilan Windows 8-style UI. Beberapa pengembang aplikasi sebenarnya kurang nyaman dengan peraturan ini. Semua aplikasi akan terlihat sama, dengan desain kotak-kotak. Dalam pelatihan membuat aplikasi Windows 8, pertanyaan semacam ini sering dilontarkan para developer.

"Nilai keunikan sebuah aplikasi jadi hilang. Semua jadi kotak-kotak," kata Yusak.

Untuk mengakalinya, menurut Yusak, developer bisa memainkan desain pada latar belakang, tata letak, ataupun teks.

Ada pula developer yang menganggap tampilan kotak-kotak ukuran terkecil di Windows 8 masih terlalu besar. Jika pengguna memasang banyak aplikasi, maka akan terlihat banyak kotak-kotak berjejer ke kanan. Pengguna harus terus menggeser halaman tampilan utama untuk mencari aplikasi yang hendak dibuka.

Namun, pengguna ini bisa mengatasi masalah ini dengan masuk ke modus tampilan desktop.

Untuk membuat aplikasi di Windows, dibutuhkan software Visual Studio, yang di dalamnya terdapat alat-alat untuk membangun aplikasi. Bagi perusahaan rintisan (startup), harga software Visual Studio terbilang mahal. "Kalau mau bikin aplikasi keren, pakai Visual Studio versi Express. Tapi harga lisensinya mahal. Ini berat untuk startup yang masih merintis seperti kita," kata Dedi Mulyana dari Garuda Studio asal Bandung.

Para developer juga berharap, Microsoft dapat melakukan sosialisasi mendispilinkan pengguna agar mengunduh aplikasi dari Windows Store. Ini dilakukan untuk menekan angka pembajakan aplikasi. Selain itu, beberapa developer juga berharap Microsoft bisa menjual aplikasi berbayar dalam mata uang Rupiah, sebagau upaya meningkatkan kesadaran menggunakan aplikasi berbayar, dan dapat mendorong penciptaan aplikasi lokal.

KOMPAS.com -

berikuti info untuk Windows 8 - Mengenal Windows 8, semoga berguna untuk anda.


Related Posts by Categories



  1. 5 comments: Responses to “ Windows 8 - Mengenal Windows 8 ”

  2. By Obat Alami Untuk Jantung Koroner on November 16, 2012 at 4:37 PM

    Makasih yah gan untuk artikelnya
    _ oiya saya akan berterima kasih bila agan mempersilakan saya untuk terus berkunjung ke blog ini walaupun dengan status saya yang sbagai spammers.
    sebelumnya kami mhon maaf ya.

  3. By Livia on January 24, 2013 at 9:49 AM

    saya mo tanya, kenapa yaa di windows 8 saya tiba-tiba touch mousenya/touchpad nya gk bisa digunakan, tapi kalo dalam keadaan di kunci(lock) bisa digunakan..
    jadi sekarang ini saya jadi pake optical mouse biasa, yang pake' kabel itu..
    mohon bntuannya yaa.. mkasih..

  4. By Obat Untuk Sakit Stroke Herbal on January 31, 2013 at 10:11 AM

    masih nyaman dengan w 7 ..

  5. By androidgw on February 1, 2013 at 8:53 PM

    windows 8 keren gan .
    ane uda pake
    bagi yang bilang jelek ane yakin ,pasti belom pake sma sekali dan hanya dengan gosip

  6. By handphone organizer on August 2, 2013 at 1:33 PM

    Makasih infonya, saya juga udah make w8 tp masih belum terbiasa :)

Post a Comment