Gunung Merapi Meletus Lagi Lebih Besar

Written by admin on Friday, November 05, 2010

Berita Terbaru Gunung Merapi, Gunung Merapi Kembali memuntahkan asap dan awan panas. Awan itu membubung tinggi hingga terlihat di Deles, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (4/11/2010). Ini adalah letusan terbesar dibandingkan erupsi pada 26 Oktober.

Gunung Merapi Meletus Lagi Lebih Besar

Ketinggian asap dari puncak gunung teraktif di Indonesia itu diperkirakan mencapai empat kilometer. Hujan abu cenderung mengarah ke Kabupaten Magelang.

Tadi malam juga terlihat lontaran batu pijar sehingga semua petugas pos pengamatan Gunung Merapi ditarik mengingat bahaya yang terjadi. Batas terjauh luncuran awan pada hari Rabu adalah sekitar sembilan kilometer ke arah Kali Gendol.

Petugas di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memperluas radius aman dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer bagi penduduk terhadap ancaman bahaya awan panas erupsi Gunung Merapi.

Perluasan radius aman tersebut cukup signifikan mengingat jauhnya jarak luncur yang bisa dicapai awan panas. Pada erupsi eksplosif 26 Oktober 2010, jarak luncur terjauh yang bisa dicapai oleh awan panas mencapai 7,5 km dengan durasi sekitar 33 menit.


Related Posts by Categories



  1. 3 comments: Responses to “ Gunung Merapi Meletus Lagi Lebih Besar ”

  2. By Adster.info - Free Ads on November 6, 2010 at 9:02 AM

    semoga korban tidak bertambah banyak lagi

  3. By Kampung Perawan on November 6, 2010 at 6:26 PM

    Hujan debu udah sampai parkiran mall matahari simpang lima semarang, hari sabtu tgl 06/11/10.

  4. By Anonymous on November 6, 2010 at 11:01 PM

    semoga gunung merapi cepat reda amarahnya

Post a Comment