Berita Terbaru Gunung Bromo Meletus

Written by admin on Friday, November 26, 2010

berita gunung bromo terbaru Berita Terkini keadaan kondisi Gunung Bromo, Sebelumnya Berita Tentang Gunung Bromo Awas, dimana statusnya dari siaga di tingkatkan menjadi Awas, pada Selasa (23/11/2010) sore sejak pukul 16.30.

Gunung Bromo yang belakangan ini aktivitasnya meninggi akhirnya mengeluarkan abu. Sekira pukul 17.00 WIB tadi, terjadi letusan kecil di gunung tereksotik di Pulau Jawa ini.

“Letutas kecil terjadi tadi sore. Saat ini erupsi yang keluar berupa abu,” ujar petugas Pos Pantau Bromo, Ahmad Subhan, saat dikonfirmasi okezone, Jumat (26/11/2010).

Subhan menambahkan, saat ini aktivitas Gunung Bromo semakin meninggi, terlebih sejak siang tadi Bromo diguncang gempa vulkanik sebanyak 12 kali.

“Tremor terkecil tiga millimeter dan terbesar hingga 12 milimeter. Namun, radius aman tetap tiga kilometer. Kami masih terus memantau aktivitas Bromo,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apakah ada evakuasi kepada warga atau tidak. Beredar kabar, pemerintah setempat saat ini masih menggelar pertemuan untuk membahas aktivitas Gunung Bromo.

Meski sama-sama gunung berapi, namun Bromo memiliki karekter berbeda dengan Gunung Merapi. Putu Artama, peneliti dari Pusat Kebumian dan Bencana Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) sempat menyatakan, saat meletus Gunung Bromo tidak sama dengan Merapi.

"Karakteristik Gunung Bromo merupkan low volcanic, tidak seperti Merapi yang high volcanic. Jika terjadi letusan, material yang dimuntahkan Bromo berupa pasir dan abu," terang Putu.

foto Gunung Bromo Meletus

Bromo pernah meletus pada 1974. Letusan itu merupakan terdahsyat sepanjang sejarah Gunung Bromo, yakni radius 6-10 kilometer. Namun warga sekitar hanya menggunakan tudung untuk melindungi dari hujan abu. Jangan heran jika di sekitar Gunung Bromo ada lautan pasir. Pasir-pasir itulah hasil muntahan material gunung Bromo.

Dia menjelaskan, jika di Gunung Merapi ada awan panas atau wedhus gembel, Gunung Bromo yang bahaya adalah asap yang berwarna kekuning-kuningan yang berasal dari belerang. Sebab, asap ini dapat mengganggu pernapasan. sumber okezone

Untuk berita kabar terkini kondisi gunung bromo silakan cek kolom Komentar karena bocahiseng akan tulis di kolom komentar sebisa mungkin sambil mengikuti berita Terbaru Gunung Bromo.


Related Posts by Categories



  1. 1 comments: Responses to “ Berita Terbaru Gunung Bromo Meletus ”

  2. By admin on November 27, 2010 at 1:34 PM

    Berita Gunung Bromo meletus menyebutkan bahwa gunung ini meletus pada, Jum'at, 26 November 2010 pada pukul 17.00 WIB.

    Atas meletusnya Gunung Bromo, maka warga sekitar Gunung ini pada radius 10 kilometer dihimbau untuk bersiap-siap mengungsi. Himbauan dikemukakan Tim Tanggap Darurat Bencana seusai rapat gabungan di Pos Pemantau Cemoro Lawang, Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Jumat (26/11/2010) malam.

    Himbauan itu dituliskan dalam bentuk poster dan ditempel di tempat-tempat strategis yang biasa dikunjungi warga. Isinya berupa 5 sikap dan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh penduduk desa bila gunung Bromo sewaktu-waktu meletus.

    Berikut 5 himbauan tersebut:

    1. Masyarakat diharap bersikap tenang dan waspada terhdap perkembangan gunung Bromo.

    2. Masyarakat wajib mengikuti petunjuk dan instruksi pemerintah.

    3. Bila ada peringatan untuk evakuasi melalui sirine maupun kentongan, masyarakat diharapkan mengikuti langkah-langkah yang disiapkan pemerintah.

    4. Arah evakuasi menuju kendaraan yang telah disiapkan pemerintah maupun kendaraan swadaya masyarakat. Warga bakal dibawa mengungsi ke Pos Tanggap Darurat di Desa Sukapura.

    5. Pada saat evakuasi, warga hanya diperbolehkan membawa barang-barang yang penting.

    Himbauan tersebut ditandatangani oleh Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II Tim Tanggap Darurat Bencana Bromo, yakni Dandim 08520 Probolinggo Letkol Inf Heri Setiono dan Kapolres Probolinggo AKBP Zulfikar Tarius.

Post a Comment