Tips Ramadhan - Cara Tetap Bugar Di Saat Puasa

Written by admin on Wednesday, August 11, 2010

Tips Ramadhan - Tetap Bugar Di Saat Puasa, bulan suci ramadhan telah tiba saatnya menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini, puasa biasanya identik dengan lemes, loyo dan malas, tetapi itu bukan merupakan halangan, nah berikut Tips supaya tubuh tetap bugar saat berpuasa dari menu sahur dan berbuk.

tips puasa sehat dan burgar

Berikut tips Tetap Bugar Di Saat Puasa

1. Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur.

Karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah. Dengan konsumsi karbohidrat kompleks, gula darah tidak mengalami kenaikan yang tinggi. Gula darah stabil dan membantu metabolisme energi tubuh. Karbohidrat kompleks ini biasanya terdapat pada Ubi, jagung, singkong, Oatmeal, roti gandum, nasi merah.

2. Konsumsi buah dan sayuran saat sahur.

tips puasa agar selalu bugar

Puasa bagi tubuh adalah program detoksifikasi. Usus besar diistirahatkan, dan tubuh berkesempatan membuang ampas metabolisme. Sisa-sisa makanan khususnya daging yang membusuk di usus besar bisa dibersihkan. Alat pembersih utamanya adalah serat tak larut yang terdapat dalam sayuran. Sementara buah mensuplai antoksidan yang membantu detoksifikasi seluler dan memenuhi kebutuhan antioksidan sehari hari.

3. Kurangi gorengan.

Gorengan membuat sel darah merah menggumpal. Akibatnya hantaran oksigen berkurang bisa sampai 20 persen. Akibatnya ngantuk di siang hari.

4. Berbuka dengan yang manis alami

"Berbukalah dengan yang manis" seperti tertuang dalam hadist. Makanan manis berguna kesehatan. Idealnya yang manis datangnya dari bahan yang alami. Gula pasir, yang terkandung di dalam berbagai makanan dan minuman akan menyebabkan lonjakan gula darah. Pada saat Idul Fitri akan terjadi efek yoyo. Berat badan yang hilang selama puasa akan kembali normal, bahkan lebih berat dari sebelumnya. Bila ini terjadi terus menerus, akan terakumulasi dan akan menyebabkan obesitas. Manis yg ideal saat berbuka bisa didapat dari Gula aren, kurma, madu, gula stevia, atau buah segar. Kalau mau berbuka dengan kolak, pastikan tidak dicampur gula pasir.

itulah tips Tetap Bugar Di Saat Puasa oleh Dr Phaidon Lumban Toruan dokter yang sering menangani program pelatihan atlet nasional dikutip dari tempointeraktif semoga berguna.


Related Posts by Categories



  1. 2 comments: Responses to “ Tips Ramadhan - Cara Tetap Bugar Di Saat Puasa ”

  2. By ulan on August 11, 2010 at 9:31 AM

    selamat menunaikan ibadah ramadan, minal aidin walfaidzin

  3. By Immanuel on August 13, 2012 at 11:40 AM

    benar sekali, dan juga point tambahan dari saya yatu berolahraga di sore hari bisa seperti lari-lari kecil, atau push up atau sit up jg dll.
    minal aidzin walfaidzin :)

Post a Comment