SMS Cuaca Ekstrim Beredar

Written by bocahiseng on Monday, April 26, 2010

sms cuaca ekstrimSMS Cuaca Ekstrim ,Jangan Pakai Baju Hitam - yah sebuah sms atau pesan singkat yang beredar luas hari ini menyebutkan, masyarakat diimbau untuk tidak memakai pakaian baju berwarna hitam.

Pesan atau sms berantai tersebut menginformasikan akan ada peningkatan suhu sangat ekstrim selama empat hari ke depan sehingga masyarakat diminta untuk tidak mengenakan pakaian yang mudah menyerap panas.

Pesan tersebutTak hanya beredar melalui SMS, pesan tersebut juga kemudian diposting di internet, melalui forum-forum diskusi sehingga cukup meresahkan warga.

Berikut isi SMS Cuaca Ekstrim / pesan singkat yang beredar Senin, (26/4/2010).

"Menghimbau untuk empat hari kedepan agar tidak memakai pakaian berwarna terutama hitam dikarenakan matahari sedang mendekati titik terdekat dengan Bumi, dan mengakibatkan kenaikan suhu udara sampai empat derajat celcius,"

Bunyi SMS terdengar serius karena mengatasnamakan lembaga kompeten di bidang ini, yaitu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sehingga bisa dipastikan, mulai banyak masyarakat yang mempercayai isi pesan tersebut. tetapi benarkah itu dari BMKG, ternyata itu bukan karena pihak BMKG membantahnya.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim BMKG Kukuh Ribudiyanto mengaku terkejut mendengar kabar tersebut dan langsung menyangkalnya. "BMKG tidak pernah mengeluarkan imbauan seperti itu," katanya.

Jika pun mengeluarkan informasi terkait peringatan dini cuaca ekstrim, BMKG, menurut Kukuh, tidak langsung mengirimkannya ke masyarakat. "Biasanya kita share informasinya ke Pemerintah Daerah, bagian penanggulangan bencana alam, crisis center atau DPR. Atau jika ingin menyampaikan ke masyarakat, kami kumpulkan rekan-rekan wartawan untuk meneruskan ke mereka," terang Kukuh.

Menanggapi beredarnya pesan tersebut Kukuh meminta masyarakat yang terlanjur mengetahuinya agar tidak panik. Suhu panas paling ekstrim di Indonesia, menurut Kukuh, berada pada kisaran 36 hingga 37 derajat celcius. Bulan lalu, suhu rata-rata di Indonesia sempat mencapai 35 derajat celcius. Menurutnya, kondisi suhu paling ekstrim hingga 37 derajat sangat jarang, terakhir kali terjadi sekira tiga tahun lalu.

"Perlu diketahui pula, peningkatan suhu sebesar 0,7 derajat saja memerlukan jangka waktu 100 tahun. Jika isi SMS itu menyebutkan terjadi peningkatan suhu sebesar empat derajat celcius, itu tidak benar. Tidak mungkin terjadi peningkatan suhu sebesar itu dalam waktu yang amat singkat," kata Kukuh.

Namun mengingat cuaca panas akhir-akhir ini memang cukup menyengat, Kukuh menyebutkan tidak ada salahnya mengikuti imbauan tersebut.

"Yang dikhawatirkan itu kan radiasi matahari dan sinar ultraviolet yang membahayakan. Tidak ada salahnya melindungi tubuh kita. Namun tidak perlu khawatir, meski mencapai derajat paling ekstrim sekalipun, tidak sampai membuat kita mati," selorohnya.

Secara Jujur walaupun Itu cuma sms iseng dari orang yang suka bikin resah tetapi Memang Beberapa hari ini memang cuaca terasa sangat panas. fuih..*ngelap keringet*

sumber:okezone


Related Posts by Categories



  1. 2 comments: Responses to “ SMS Cuaca Ekstrim Beredar ”

  2. By sodikin on April 27, 2010 at 7:55 AM

    Mas sms itu didaerah mana? saya dibekasi belum pernah dapat kiriman sms tersebut saya memakai kartu im3. Terus sms itu seputar apa aja?? terima kasih informasinya

  3. By Sri Suyatmi on April 30, 2010 at 2:20 PM

    Pagi ini aku juga dapat SMS seperti itu. Klo yg dimaksud 4 hari ke depan dari hari senin, berarti jatuhnya hari ini yaitu Jum'at 30 April 2010. Tapi mmg kenyataannya akhir2 ini suhu di daerah tempat tinggal saya (Sunter-JakUt)sangat panas dan menyengat walaupun itu pagi hari.
    Berikut saya copy paste bunyi SMSnya :
    "Info ptg dr DinKes DKI!
    4 hr k dpn hindari pemakaian baju gelap & tebal, krn matahari sdg mencapai ttk terdekat dgn bumi, diperkirakan ada kenaikan suhu 4 derajat celcius, bs peluang tkena heat stroke (radang, pusing, demam),jd gunakan sunblock lotion, topi, byk minum air putih. Hindari yg manis2 & dingin. Terutama anak2 yg rentan kshtnnya.
    Trims u/ m'infokan tmn2 lain".

    Intinya saran tersebut sangat baik sebagai usaha mengurangi paparan langsung sinar matahari ke kulit, dan untuk perlindungan sehari2 kita pada waktu siang hari terlepas itu cuaca sedang ekstrim atau tidak.

Post a Comment