Resep Opor Ayam

Written by bocahiseng on Thursday, August 27, 2009

Resep Opor Ayam - yahh ini mungkin tulisan yang akan menggoda anda yaitu apalagi saat ini memang bulan puasa ramadhan 2009 yahh masakan ini adalah salah satu hidangan yang bocahiseng tunggu - tunggu kalau hari lebaran atau idul fitri nanti apalagi di makan sama Ketupat Sayur di padu dengan paha dan dada opor ayam..? aduuh nulisnya lagi puasa bikin pikiran kemana-mana apa lagi liat gambarnya ...? berikut "Resep Opor Ayam"

resep opor ayam

Resep Opor Ayam

Bahan untuk membuat Opor Ayam

1 kg ayam, potong2, cuci, tiriskan
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
3 lembar daun salam
2 x 10 cm serai, memarkan
garam secukupnya
1 sdt gula merah
1 buah tomat merah ukuran sedang, belah
750 ml santan encer
4 siung bawang merah, iris tipis
2 sdm minyak sayur untuk menumis
minyak sayur untuk menggoreng ayam

Bumbu halus Opor Ayam

4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 cm jahe
1 sdt ketumbar

Cara membuat Opor Ayam

1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, biarkan 15 menit, cuci, tiriskan
2. Goreng ayam 1/2 matang atau sampe kekuningan, sisihkan
3. Tumis bawang merah sampai harum
4. Masukkan bumbu halus, salam, dan serai sampai berubah warna
5. Masukkan santan dan tomat, aduk rata sampai mendidih di atas api sedang
6. Masukkan ayam, garam, dan gula, didihkan di atas api kecil sampai ayam empuk sesekali diaduk agar tidak gosong
7. Angkat, sajikan

Catatan dan tips Opor Ayam

opor ayam biasa menggunakan ayam kampung yang tidak terlalu tua. Selain itu, ayam kampung selalu jauh lebih gurih dari ayam sayur/negeri. Ayam Opor baik kering atau berkuah, biasa disajikan untuk merayakan lebaran atau Hari Iedul Fitri.

sumber: http://keseharian.com/dapur/oporayam.html

haha Jadi gak sabar nunggu lebaran tiba ? padahal puasa aja baru beberapa hari saat nulis Resep Opor Ayam ini :).


Related Posts by Categories



  1. 14 comments: Responses to “ Resep Opor Ayam ”

  2. By Nugraha on August 28, 2009 at 3:56 AM

    Hmmmm. Opor ayam biasanya identik dengan Lebaran, tambah ketupat.Mantaappp. Bisa nambah terus nih..:)

  3. By yudi on August 28, 2009 at 12:37 PM

    yummyyyy, mantap tu, apalagi ditemenin teh manis :D

  4. By ika on August 28, 2009 at 9:10 PM

    oh..nampak sangat yummy sekali... duh jadi laperr

  5. By iin nopitasari on October 24, 2010 at 7:26 AM

    thanks saya jd bs msk opor ayam...eemm

  6. By Anonymous on December 26, 2010 at 5:26 PM

    mantap rasanya setelah dicoba , makasih banyak resepnya

  7. By Anonymous on February 12, 2011 at 1:12 PM

    aq,bikin opor ayam ga harus pas lebaran aja kok

  8. By pulzzahut on July 4, 2011 at 1:28 AM

    opor ayam emang pas kl dibuat lebaran pake ketupat..

  9. By fuad on August 29, 2011 at 3:19 PM

    mantaps bangets.. dah ane cobain coy...

  10. By julung julung on August 29, 2011 at 10:30 PM

    hem....cobain ah...

  11. By Anonymous on February 8, 2012 at 5:45 PM

    cobain aja ahh

  12. By Anonymous on February 8, 2012 at 5:45 PM

    Komentar Anda sudah muncul

  13. By Anonymous on February 22, 2012 at 3:35 PM

    SSSSSSSSSSSHHHHH,,,,jozzz

  14. By Toko Online Kalistajaya on December 24, 2012 at 8:13 AM

    siip..

  15. By Aneka Resep Masakan on November 27, 2013 at 7:25 AM

    wew, kayaknya patut dicoba nieh, Aneka Resep Nusantara memang harus dilestarikan

Post a Comment