Lagi Masuk Angin

Written by bocahiseng on Friday, December 05, 2008

Masuk Angin nihh? ah sial rasanya badan menggigil , mual dan ingin muntah?? badan rasanya dingin tapi keringat bercucuran kepala sedikit pusing plus lagi gak pegang uang jadi tambah makin pusing ???

Mungkin ini emang lagi efek cuaca musim pancaroba kaya gini ? kadang siang panas malamnya turun hujan? terkadang malam panas siangnya hujan? duuuhh gak enak banget rasanya ?

Ciri-ciri masuk angin sendiri Perasaan tidak nyaman disertai kembung, mual, muntah,Perasaan tidak nyaman disertai kembung, mual, muntah, perut melilit, sukar bersendawa, atau gangguan buang air besar emang lagi saya banget??? tetapi buat yang mau mencegah agar terhindar dari gangguan dari si angin nakal bukan si angin bau (-kentut-) bisa dicoba beberapa langkah ini:

Langkah Mencegah Masuk Angin

  • Memenuhi pola makan empat sehat lima sempurna agar kebutuhan tubuh akan zat-zat penting seperti gizi dan vitamin dapat terpenuhi. Yang penting adalah tidak menunda makan, bila sudah waktunya segeralah beranjak mengisi perut. Bila perlu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang cocok.
  • Lakukan gerak tubuh atau olahraga secara rutin, tak perlu melakukan olahraga berat atau memakan banyak biaya. Jogging, jalan kaki selama beberapa menit atau lompat tali pun sudah dirasa cukup asal dilakukan secara berkala.
  • Gunakan waktu istirahat atau waktu tidur semaksimal mungkin agar kebugaran tubuh dapat terjaga. Bagi orang dewasa waktu tidur yang cukup paling tidak tujuh sampai delapan jam sehari. Selain tubuh menjadi lemas, istirahat yang kurang tentu akan membuat daya tahan tubuh menurun.
  • Usahakan untuk tidak berlama-lama berada di tempat yang terkena hembusan angin langsung seperti di depan kipas, pendingin ruangan atau di dekat jendela mobil yang terbuka. Gunakan jaket jika Anda memang harus berada di tempat itu.
  • Gunakanlah payung atau jaket anti air saat hujan, jangan pernah membiarkan tubuh basah terkena air untuk waktu yang lama. Segera minum cairan hangat seperti telur atau jahe agar tubuh kembali hangat.
  • Bagi Anda yang naik motor, gunakan jaket yang cukup tebal untuk menahan angin, atau bisa juga menggunakan pelindung dada yang banyak dijual di pasaran.
  • Terakhir jika hendak bepergian jauh pastikan tubuh Anda selalu hangat, langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan jaket atau menempelkan koyo pada bagian dada dan perut.

sumber : http://dinkes.cilacapkab.go.id/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=28

Memang Benar kata Pepatah "Lebih Baik Mencegah Dari pada Mengobati" tetapi adalagi "Penyesalan Selalu datang Belakangan" ? memang sih kalau lagi sehat pasti kita akan terlupa hal-hal mencegah itu?

Udeh ah minum obat dulu biar "si angin nakal" pergi dari "tubuh seksi" saya nih :) xixixixi?


Related Posts by Categories



  1. 9 comments: Responses to “ Lagi Masuk Angin ”

  2. By oentoe09 on December 6, 2008 at 12:51 PM

    tul "Lebih Baik Mencegah Dari pada Mengobati",..lam kenal ya

  3. By bocahiseng on December 6, 2008 at 2:29 PM

    @oentoe09
    setuju mas tapi emang rada susah sih mencegah? salam kenal juga

  4. By yitnoku on December 6, 2008 at 8:06 PM

    Lau udah terlanjur masuk angin apa obat yg paling manjur bro...?

  5. By rizoa on December 6, 2008 at 8:42 PM

    lagi musim....

  6. By bocahiseng on December 6, 2008 at 10:05 PM

    @yitnoku
    makan minum obat tidur xixixi

    @rizoa
    iye nihhhh

  7. By ekkei on December 7, 2008 at 2:03 AM

    moga cepet sembuh mas
    kalo masuk angin aku cocok minum ultraflu (bukan paid comment hehhehe...), tapi bawaannya merem terus :D

  8. By thefachia on December 7, 2008 at 10:10 AM

    wah wah wah.. cocok nih buat saya yang sedang perjalanan jauh.. :D

  9. By ipung on December 7, 2008 at 3:10 PM

    Senasib nih mas.. karena cuaca dingin banget n jarang bisa tidur badan saya juga jadi ngedrop :)

  10. By Coretan Hidup on October 10, 2010 at 7:03 PM

    ane sering nih masuk angin

Post a Comment